Membuat quest sederhana di RPG Maker VX
Sekarang berlanjut ke pembuatan Game ! perhatikanlah
langkah – langkah nya dengar Seksama !
And the Steps is *(Pastinya, Setelah membuka Program
RPG Maker) :
1. buatlah
sebuah ladang rumput dengan pilihan-pilihan yang ada di Kotak sebelah kiri. *(Ukuran
ataupun jenis ladang bisa bebas)
2. Sekarang
saatnya berpindah dari pembuatan Map (Peta) ke pembuatanEvent.
*klik Icon
Event yang ada di menu Toolbar (bertanda Ev)
3. Setelah
ladang dibuat, saatnya membuat orang yang menyuruh player untuk menangkap ayam
itu. Dengan dialog tentunya.
*Klik
kanan pada peta yang kamu buat tadi, pilih New Event.
5. Muncul sebuah kotak, dan pertama kamu
harus memilih Graphic, terserah kamu mau pilih yang mana karena yang jelas
bakal sama aja.
6. Terus kamu buat dialog nya,
dengan cara *Klik baris pertama pada List of Event Commands, lalu
kamu
pilih Show Text, isikan kata-kata apa aja yang menyuruh si Player untuk menangkap 5 ayam. Kamu juga bisa menambahkan Face
Graphicnya.
7. Sekarang waktunya buat maenin Variable, *Klik “Control
Variable”, *pilih single, lalu
yang kotak yang ada angka 0001: kamu klik, dan beri nama Ayam *(nama bebas)
8. Lalu pada Constant kamu
ubah menjadi 5 *(Karena ayamnya ada lima)
***jadi, Logikanya bagini “ketika
player nangkep 1 ayam, variabelnya akan berkurang 1, dan ketika variabel bernilai 0
berarti player telah mnemukan semua Ayam (5) dan Questnya sukses”
9. Dan pada baris dibawahnya kamu
isikan dengan Control Switch *hampir sama seperti Control
Variable, *kamu pilih single, lalu yang kotak
yang ada angka 0001: kamu klik, dan beri nama Quest
Ayam, dan Operationnya kamu pilih ON
10. Terakhir, dibawah Control Switch
kamu isi lagi dengan Control Self Switch, *kamu buat Self Switch: A=ON
Setelah semua lengkap *(sudah
bikin Dialog, Variable,Switch, Self switch), kamu boleh Kli
B Bagian Pembuatan Object *(Ayam)
1. Pertama
kamu klik pada Ladang *(everywhere) pilih New Event.
2. lalu
pada gambar Graphic, kamu pilih gambar ayam.
3. pada Autonomous
Movement , Type nya kamu bisa pilih Random, laluSpeed dan Freq bisa
kamu sesuaikan, tapi agar lebih seru kamu bisa pilih yang 6: x4 Faster. Jadi
Ayamnya bisa lari kayak The Flash, alias ngebut.
4. Pada List
of Event Commands, baris pertama kamu isi dengan Conditional Branch.
Pada Conditional Branch, tidak ada yang harus dirubah, jadi
langsung ok aja.
5. lalu
di bawah kalimat “Conditional Branch: Switch [0001: Quest Ayam] ==ON” kamu
buat sebuah efek suara,dan dialog bahwa sudah menangkap 1 ayam, contoh : “Haha,ketangkep
kamu,ayam!” tapi dengan face Graphic si Player.
6. lalu,
dibawahnya dialog tadi kamu buat Control Variable, denganOperation dirubah
jadi Sub, dan Constant dirubah jadi 1.
7. Sekedar
tambahan, agar ayam yang kamu tangkap tadi masuk ke daftar item kamu, maka kamu
harus main ke Data Base *(icon nya beberntuk seperti tumpukan
kertas, adanya di toolbar), lalu pilih menu item, pilih Change maximum *di
rubah menjadi 21,sebanyak-banyaknya juga boleh. Stelah itu, pada item nomor 21
kan masih kosong tuh, kamu bisa bikin item dengan nama Ayam, setelah itu Klik
Ok.
8. Kan tadi
kita udah membuat item Ayam, sekarang kita bikin gimana caranya agar ayam yang
udah ditangkep tadi masuk ke daftar item si Player. * caranya, kamu edit dulu
Event Ayam yang belum jadi tadi, lalu dibawah Control variable kamu isi dengan Change
Item, pada kotak Item, kamu pilih item Ayam yang tadi kamu buat di
Database, Operation nya Increase, dan Constant nya 1. itu berarti kalau si
Player nangkep 1 ayam, maka pada daftar Item nya akan bertambah 1 Ayam juga.
9. Dibawah
change Item, kamu isi dengan Erase Event, jadi stelah kamu
menangkap Ayam itu, Ayam itu langsung hilang dan berpindah ke daftar item si
player.
10. Pada
bagian Else di Conditional Branch tadi kamu isi dengan dialog
lagi, contoh : “ah,ini sih ayam tetangga.”. Dialog tadi berfungsi
agar ketika si Player belum disuruh menangkap ayam,tapi si Player malah
menangkap ayam duluan, jadi ayamnya nggak bakal masuk ke daftar item.
11. Setelah
Ayam selesai, kamu boleh Klik OK.
12. kan ayamnya
baru 1,kamu Copy – Paste aja Ayamnya ditempat manapun sesukamu
C. Finishing
Jadi bagian ini adalah yang terpenting, karena kita
akan membuat si Penyuruh Tau kalo Player udah nangkep 5 Ayam !
1. Klik
kanan pada si Penyuruh tadi, pilih Edit Event.
2. Setelah
itu kamu buat Even Page baru,dengan meng-klik New Event Page.
3. Setelah
itu kamu akan berpindah ke Event Page 2, lalu kamu aturConditions
*(pada bagian kiri), dan kamu klik Self Switch, dan
jadilah Self Switch A=ON.
4. Kamu
Pilih Graphic nya,harus sama dengan yang Event Page 1 tadi, soalnya kalo beda
nanti jadi aneh.
5. Lalu
pada List of Event Commands, kamu buat Conditional Branch, tapi
kali ini kamu harus memilih yang Variable, terus jadikan 0001: Ayam is
Equal to 0. yang berarti jika player berhasil menangkap ke 5 Ayam
tersebut.
6. lalu
di bawah kalimat “Conditional Branch: Switch [0001: Quest Ayam] == 0” kamu
isi dengan dialog yang isinya bahwa si Penyuruh berterimakasih,dan akan
memberikan si Player hadiah, contoh : “Makasih yah, kamu udah mau bantu
aku, ini aku kasih hadiah buat kamu…”
7. dan
untuk memberikan si Player Hadiah, kamu bisa menggunakan Change Item untuk
memberikan Barang, dan Change Gold Untuk memberikan Uang.
8. lalu
di bawahnya kamu isi lagi dengan Change Item, teru Itemnya
kamu pilih Ayam, terus Operationnya kamu pilih Decrease, Constant nya
kamu ganti jadi 5. ini berarti, setelah Quest ini berhasil, dan ketika kamu
bicara pada si Penyuruh, Ayamnya langsung berkurang 5.
9. dibawahnya
kamu isi lagi dengan Control Self Switch B=ON
10. Pada
Bagian Else, kamu kamu buat Conditional Branch,
pilih yang Variable0001: Ayam is Equal to 1. yang berarti jika si
player telah menangkap 4 Ayam, alias kurang 1 Ayam lagi.
11. lalu
di bawah kalimat “Conditional Branch: Switch [0001: Quest Ayam] == 1” kamu isi dengan
dialog, contoh: “Ayolah, tinggal 1 ayam lagi, terus berusaha yahh…”
12. Lalu di Bagian Else, kamu bikin
dialog lagi, contoh : “Tolong lah, tinggal \v[1]
Ayam lagi.” itu jumlah variabel nomor 1 yg tersisa,jd jika kamu
memulai dengan constant= 5 dan udah nangkep 3 ayam, berarti 5 dikurangi tiga
dan sisanya 2. Nanti si Penyuruh itu bakalan ngomong : “Tolong lah,
tinggal 2 Ayam lagi…”
13. Terakhir,
kamu buat lagi New Event Page, jadi ada 3 Event Page, dan
pada event Page 3 ini kamu isi dengan dialog yang berisi bahwa si Penyuruh
berterimakasih atas bantuannya. Contoh : “Terimakasih sudah mau
membantu aku…”