Bird

salju

cursor

header

http://aridhoprahasti.blogspot.com/
Blog Advertising

Slde

lintas me

Selasa, 24 Desember 2013

Membuat quest sederhana di RPG Maker VX

Membuat quest sederhana di RPG Maker VX
Sekarang berlanjut ke pembuatan Game ! perhatikanlah langkah – langkah nya dengar Seksama !


And the Steps is *(Pastinya, Setelah membuka Program RPG Maker) :
A. bagian Pembuatan si Penyuruh

1.      buatlah sebuah ladang rumput dengan pilihan-pilihan yang ada di Kotak sebelah kiri. *(Ukuran ataupun jenis ladang bisa bebas)
2.      Sekarang saatnya berpindah dari pembuatan Map (Peta) ke pembuatanEvent.
*klik Icon Event yang ada di menu Toolbar (bertanda Ev)
3.      Setelah ladang dibuat, saatnya membuat orang yang menyuruh player untuk menangkap ayam itu. Dengan dialog tentunya.
         *Klik kanan pada peta yang kamu buat tadi, pilih New Event.
           5. Muncul sebuah kotak, dan pertama kamu harus memilih Graphic, terserah kamu      mau pilih yang mana karena yang jelas bakal sama aja.
           6. Terus kamu buat dialog nya, dengan cara *Klik baris pertama pada List of Event   Commands, lalu
        kamu pilih Show Text, isikan kata-kata apa aja yang menyuruh si Player untuk   menangkap 5 ayam. Kamu juga bisa menambahkan Face Graphicnya.
           7. Sekarang waktunya buat maenin Variable, *Klik “Control Variable”,  *pilih single, lalu yang kotak yang ada angka 0001: kamu klik, dan beri   nama Ayam *(nama bebas)
           8. Lalu pada Constant kamu ubah menjadi 5 *(Karena ayamnya ada lima)
           ***jadi, Logikanya bagini “ketika player nangkep 1 ayam, variabelnya akan   berkurang 1, dan ketika variabel bernilai 0 berarti player telah mnemukan semua Ayam  (5) dan Questnya sukses
           9. Dan pada baris dibawahnya kamu isikan dengan Control Switch *hampir sama seperti Control Variable, *kamu pilih single, lalu yang kotak yang ada angka 0001: kamu klik, dan beri nama Quest Ayam, dan Operationnya kamu pilih ON
           10. Terakhir, dibawah Control Switch kamu isi lagi dengan Control Self Switch, *kamu buat Self Switch: A=ON




        Setelah semua lengkap *(sudah bikin Dialog, Variable,Switch, Self switch), kamu boleh Kli

B Bagian Pembuatan Object *(Ayam)
1.      Pertama kamu klik pada Ladang *(everywhere) pilih New Event.
2.      lalu pada gambar Graphic, kamu pilih gambar ayam.
3.      pada Autonomous Movement , Type nya kamu bisa pilih Random, laluSpeed dan Freq bisa kamu sesuaikan, tapi agar lebih seru kamu bisa pilih yang 6: x4 Faster. Jadi Ayamnya bisa lari kayak The Flash, alias ngebut.
4.      Pada List of Event Commands, baris pertama kamu isi dengan Conditional Branch. Pada Conditional Branch, tidak ada yang harus dirubah, jadi langsung ok aja.
5.      lalu di bawah kalimat “Conditional Branch: Switch [0001: Quest Ayam] ==ON” kamu buat sebuah efek suara,dan dialog bahwa sudah menangkap 1 ayam, contoh : “Haha,ketangkep kamu,ayam!” tapi dengan face Graphic si Player.
6.      lalu, dibawahnya dialog tadi kamu buat Control Variable, denganOperation dirubah jadi Sub, dan Constant dirubah jadi 1.
7.      Sekedar tambahan, agar ayam yang kamu tangkap tadi masuk ke daftar item kamu, maka kamu harus main ke Data Base *(icon nya beberntuk seperti tumpukan kertas, adanya di toolbar), lalu pilih menu item, pilih Change maximum *di rubah menjadi 21,sebanyak-banyaknya juga boleh. Stelah itu, pada item nomor 21 kan masih kosong tuh, kamu bisa bikin item dengan nama Ayam, setelah itu Klik Ok.
8.      Kan tadi kita udah membuat item Ayam, sekarang kita bikin gimana caranya agar ayam yang udah ditangkep tadi masuk ke daftar item si Player. * caranya, kamu edit dulu Event Ayam yang belum jadi tadi, lalu dibawah Control variable kamu isi dengan Change Item, pada kotak Item, kamu pilih item Ayam yang tadi kamu buat di Database, Operation nya Increase, dan Constant nya 1. itu berarti kalau si Player nangkep 1 ayam, maka pada daftar Item nya akan bertambah 1 Ayam juga.
9.      Dibawah change Item, kamu isi dengan Erase Event, jadi stelah kamu menangkap Ayam itu, Ayam itu langsung hilang dan berpindah ke daftar item si player.
10.  Pada bagian Else di Conditional Branch tadi kamu isi dengan dialog lagi, contoh : “ah,ini sih ayam tetangga.”. Dialog tadi berfungsi agar ketika si Player belum disuruh menangkap ayam,tapi si Player malah menangkap ayam duluan, jadi ayamnya nggak bakal masuk ke daftar item.



11.  Setelah Ayam selesai, kamu boleh Klik OK.
12.  kan ayamnya baru 1,kamu Copy – Paste aja Ayamnya ditempat manapun sesukamu




C. Finishing
Jadi bagian ini adalah yang terpenting, karena kita akan membuat si Penyuruh Tau kalo Player udah nangkep 5 Ayam !
1.      Klik kanan pada si Penyuruh tadi, pilih Edit Event.
2.      Setelah itu kamu buat Even Page baru,dengan meng-klik New Event Page.
3.      Setelah itu kamu akan berpindah ke Event Page 2, lalu kamu aturConditions *(pada bagian kiri), dan kamu klik Self Switch, dan jadilah Self Switch A=ON.
4.      Kamu Pilih Graphic nya,harus sama dengan yang Event Page 1 tadi, soalnya kalo beda nanti jadi aneh.
5.      Lalu pada List of Event Commands, kamu buat Conditional Branch, tapi kali ini kamu harus memilih yang Variable, terus jadikan 0001: Ayam is Equal to 0. yang berarti jika player berhasil menangkap ke 5 Ayam tersebut.
6.      lalu di bawah kalimat “Conditional Branch: Switch [0001: Quest Ayam] == 0” kamu isi dengan dialog yang isinya bahwa si Penyuruh berterimakasih,dan akan memberikan si Player hadiah, contoh : “Makasih yah, kamu udah mau bantu aku, ini aku kasih hadiah buat kamu…”
7.      dan untuk memberikan si Player Hadiah, kamu bisa menggunakan Change Item untuk memberikan Barang, dan Change Gold Untuk memberikan Uang.
8.      lalu di bawahnya kamu isi lagi dengan Change Item, teru Itemnya kamu pilih Ayam, terus Operationnya kamu pilih DecreaseConstant nya kamu ganti jadi 5. ini berarti, setelah Quest ini berhasil, dan ketika kamu bicara pada si Penyuruh, Ayamnya langsung berkurang 5.
9.      dibawahnya kamu isi lagi dengan Control Self Switch B=ON
10.  Pada Bagian Else, kamu kamu buat Conditional Branch, pilih yang Variable0001: Ayam is Equal to 1. yang berarti jika si player telah menangkap 4 Ayam, alias kurang 1 Ayam lagi.
11.  lalu di bawah kalimat “Conditional Branch: Switch [0001: Quest Ayam] == 1” kamu isi dengan dialog, contoh: “Ayolah, tinggal 1 ayam lagi, terus berusaha yahh…”
12.  Lalu di Bagian Else, kamu bikin dialog lagi, contoh : “Tolong lah, tinggal \v[1] Ayam lagi.” itu jumlah variabel nomor 1 yg tersisa,jd jika kamu memulai dengan constant= 5 dan udah nangkep 3 ayam, berarti 5 dikurangi tiga dan sisanya 2. Nanti si Penyuruh itu bakalan ngomong : “Tolong lah, tinggal 2 Ayam lagi…”
13.  Terakhir, kamu buat lagi New Event Page, jadi ada 3 Event Page, dan pada event Page 3 ini kamu isi dengan dialog yang berisi bahwa si Penyuruh berterimakasih atas bantuannya. Contoh : “Terimakasih sudah mau membantu aku…” 



Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aridhoprahasti Education Blog