·
Menambahkan
Border dan Color
Kita dapat
menambahkan border pada lembar kerja kita. Caranya adalah dengan memblok
terlebih dahulu cell yang akan kita beri border, kemudian klik tombol
pada tab home
Kemudian
pilihlah jenis border yang diinginkan. Microsoft Excel 2007 menyediakan pula
style border yang dapat langsung kita gunakan. Untuk menggunakannya klik tombol
CELL STYLES pada tab home :
Kemudian untuk memberikan warna atau color pada cell (row atau
column) dapat dilakukan dengan terlebih dahulu memblok cell yang akan di isikan
warna, trus klik icon Fill Color pada tab home
·
Marge
Cell, Allign Cell Contents dan Wrap Text
Microsoft
Excel juga menyediakan fasilitas merge cells dan memiliki fungsi yang sama
seperti pada Microsoft word yaitu untuk menggabungkan dua cell menjadi
satu. Klik tombol berikut pada tab home.
Dan untuk
mengatur alignment klik tombol berikut :
Kemudian di
Microsoft Excel juga terdapat icon Wrap Text yang memiliki fungsi untuk membuat
teks multiple line. Caranya adalah klik cell yang akan format wrap text,
kemudian klik icon wrap Text, untuk lebih jelasnya lihat pada gambar berikut
·
Format
Number
Format
number di Microsoft Excel berfungsi untuk mengatur format angka yang
meliputi, format Rupiah (Currency & Accounting Format), Percen, format
decimal dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar berikut.
·
Format
Accounting
Format
accounting berfungsi untuk memberikan simbul Rp pada bilangan atau angka
·
Percent
Style
Percent
Style berfungsi untuk memberikan tampilan nilai atau value berupa persentase
·
Comma
Style
Comma Style
berfungsi untuk memberikan format tampilan angka atau bilangan dengan separator
(pembatas) berupa koma (,)
·
Increase
Decimal
Increase
Decimal berfungsi untuk menambah jumlah angka desimal
·
Decrease
Decimal
Decrease
Decimal berfungsi untuk mengurangi jumlah angka decimal
·
Insert
dan Delete Cell serta Cell Size
Insert Cell
Insert Cell
berfungsi untuk menambahkan baris atau column pada lembar kerja excel. Untuk
lebih jelasnya lihat gambar berikut
Keterangan :
·
Insert
Cells berfungsi
untuk menambahkan baris (rows) atau column
·
Insert
Sheet Rows berfungsi untuk menambahkan satu baris (rows)
·
Insert
Sheet Columns berfungsi untuk menambahkan satu
column (kolom)
·
Insert
Sheet berfungsi
untuk menambahkan satu sheet (worksheet)
Delete Cell
Delete Cell
berfungsi untuk menghapus baris atau column pada lembar kerja excel. Untuk
lebih jelasnya lihat gambar berikut.
Keterangan :
·
Delete
Cells berfungsi
untuk menghapus baris (rows) atau column
·
Delete
Sheet Rows berfungsi untuk menghapus satu
baris (rows)
·
Delete
Sheet Columns berfungsi untuk menghapus satu
column
·
Delete
Sheet berfungsi untuk menghapus satu
sheet (worksheet)
Cell Size
Cell Size
berfungsi untuk mengatur lebar atau tinggi cell. Lihatlah gambar berikut ini
Keterangan :
·
Row
Height berfungsi
untuk mengatur tinggi baris. Cara menggunakannya adalah, klik menu row height,
terus isikan ukuran tinggi (height), lalu klik ok.
·
Column
Width berfungsi
untuk mengatur lebar column. Caranya menggunakannya adalah, klik menu column
width, terus isikan ukuran lebar column nya, lalu klik ok.