adf.ly

https://adf.ly/publisher

Bird

salju

cursor

header

http://aridhoprahasti.blogspot.com/

Slde

lintas me

Rabu, 15 Mei 2013

Definisi Lengkap dan Pengertian Cara kerja sabun sebagai pembersih


Cara kerja sabun:

     Sabun maupun detergen berperan sebagai surfaktan artinya sabun maupun detergen dapat mengemulsikan air dengan lemak(kotoran) yang di bersihkan karakter dari air.
Air bersifat polar, kecenderungan senyawa untuk bermuatan karena tidak meratanya Sebaran dari elektron terkumpul pada salah satu sisi struktur air.


     Hal di atas ditunjukan bahwa muatan (-) berkumpul di atom O2. Hal ini dikarenakan elektron negatif, sehingga bila elektron ini berkumpul maka sisi itu cenderung bermuatan negatif. Oleh karena itu mol air bersifat polar.

Struktur Lemak:

     Lemak di dominasi oleh struktur rantai karbon. Akibatnya sebaran elektronnya lebih rata karena semua elektron pada karbon digunakan untuk berikatan.

     Kemampuan atom karbon mengikat elektron dengan hidrogen tidaklah kuat sehingga elektron tidak akan berkumpul di salah satu sisi. Jadi dapat dikatakan lemak bersifat non polar.


     Jadi air bersifat polar dan lemak bersifat non polar. Maka, bila dicampurkan tidak terjadi interaksi, karena beda karakter. Maka, jika kita mencuci dengan air saja kotoran (lemak) akan sulit terangkat.

     Zat yang dapat menghubungkan interaksi antara lemak dan air. Surfaktan dapat disebut juga emulgator. Kerja Surfaktan melibatkan terbentuknya kombinasi air dan lemak. Setelah lemak larut dan surfaktan akan membentuk MISEL.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aridhoprahasti Education Blog