adf.ly

https://adf.ly/publisher

Bird

salju

cursor

header

http://aridhoprahasti.blogspot.com/

Slde

lintas me

Kamis, 13 Juni 2013

Format Worksheets Beserta Fungsi-fungsinya Microsoft Excel


·         Menambahkan Border dan Color
Kita dapat menambahkan border pada lembar kerja kita. Caranya adalah dengan memblok terlebih dahulu cell yang akan kita beri border, kemudian  klik tombol pada tab home
border
Kemudian pilihlah jenis border yang diinginkan. Microsoft Excel 2007 menyediakan pula style border yang dapat langsung kita gunakan. Untuk menggunakannya klik tombol CELL STYLES pada tab home :
styleex
Kemudian untuk memberikan warna atau color pada cell (row atau column) dapat dilakukan dengan terlebih dahulu memblok cell yang akan di isikan warna, trus klik icon Fill Color pada tab home

fill color
·         Marge Cell, Allign  Cell Contents dan Wrap Text
Microsoft Excel juga menyediakan fasilitas merge cells dan memiliki fungsi yang sama seperti pada Microsoft word yaitu untuk menggabungkan dua cell menjadi satu.  Klik tombol berikut pada tab home.
margecell
Dan untuk mengatur alignment klik tombol berikut :
alligmn
Kemudian di Microsoft Excel juga terdapat icon Wrap Text yang memiliki fungsi untuk membuat teks multiple line. Caranya adalah klik cell yang akan format wrap text, kemudian klik icon wrap Text, untuk lebih jelasnya lihat pada gambar berikut
wraptxt
·         Format Number
Format number di Microsoft Excel berfungsi untuk mengatur  format angka yang meliputi, format Rupiah (Currency & Accounting Format), Percen, format decimal dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar berikut.
numberformat
·         Format Accounting
Format accounting berfungsi untuk memberikan simbul Rp pada bilangan atau angka
·         Percent Style
Percent Style berfungsi untuk memberikan tampilan nilai atau value berupa persentase
·         Comma Style
Comma Style berfungsi untuk memberikan format tampilan angka atau bilangan dengan separator (pembatas) berupa koma (,)
·         Increase Decimal
Increase Decimal berfungsi untuk menambah jumlah angka desimal
·         Decrease Decimal
Decrease Decimal berfungsi untuk mengurangi jumlah angka decimal
·         Insert dan Delete Cell serta Cell Size
Insert Cell
Insert Cell berfungsi untuk menambahkan baris atau column pada lembar kerja excel. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut
insertcell
Keterangan :
·         Insert Cells berfungsi untuk menambahkan baris (rows) atau column
·         Insert Sheet Rows berfungsi untuk menambahkan satu baris (rows)
·         Insert Sheet Columns berfungsi untuk menambahkan satu column (kolom)
·         Insert Sheet berfungsi untuk menambahkan satu sheet (worksheet)
Delete Cell
Delete Cell berfungsi untuk menghapus baris atau column pada lembar kerja excel. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut.
dellcell
Keterangan :
·         Delete Cells berfungsi untuk menghapus baris (rows) atau column
·         Delete Sheet Rows berfungsi untuk menghapus satu baris (rows)
·         Delete Sheet Columns berfungsi untuk menghapus satu column
·         Delete Sheet berfungsi untuk menghapus satu sheet (worksheet)
Cell Size
Cell Size berfungsi untuk mengatur lebar atau tinggi cell. Lihatlah gambar berikut ini
cellsize
Keterangan :
·         Row Height berfungsi untuk mengatur tinggi baris. Cara menggunakannya adalah, klik menu row height, terus  isikan ukuran tinggi (height), lalu klik ok.
·         Column Width berfungsi untuk mengatur lebar column. Caranya menggunakannya adalah, klik menu column width, terus isikan ukuran lebar column nya, lalu klik ok.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aridhoprahasti Education Blog