Bird

salju

cursor

header

http://aridhoprahasti.blogspot.com/
Blog Advertising

Slde

lintas me

Minggu, 09 Juni 2013

Penyebab Anak Perempuan Menstruasi Dini


Ayam Goreng di Restoran Cepat Saji Pengaruhi Perkembangan Seksual Anak


Oleh: Denisa Tristianty




Kita mungkin sudah tahu bahwa ayam goreng renyah di restoran cepat saji mengandung lemak dan kolesterol tinggi. Tapi tahukah Anda bahwa bagi anak-anak, ayam goreng junk food ini berpengaruh pada kesehatan seksual mereka?

Dampak yang paling terasa adalah pada anak perempuan. Di masa lalu,  menstruasi pertama kali dialami anak perempuan di usia sekitar 14-15 tahun. Namun sekarang bahkan anak usia 10 tahun pun sudah haid. Tidak salah jika banyak orang menyalahkan ayam goreng junk food sebagai biang keladinya.

“Betul, itu fakta. Sebab ayam-ayam tersebut kemungkinan disuntik dan suntikan itu bisa saja mengandung hormon estrogen,” kata dr. H Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS. Estrogen adalah hormon wanita yang bisa merangsang haid datang lebih cepat.

Meskipun ayam-ayam tadi tidak disuntik hormon, bisa saja diberi makanan khusus agar dagingnya empuk. Bila itu dilakukan dampaknya sama saja. “Estrogen akan masuk pada ayam dan dikonsumsi anak-anak perempuan, sehingga mereka cepat matang dan cepat haid,” katanya.

Estrogen atau oestrogen merupakan sekelompok senyawa steroid yang berfungsi terutama sebagai horman seks wanita. Hormon ini menyebabkan perkembangan dan mempertahankan tanda-tanda kelamin sekunder pada wanita, seperti payudara, penebalan endometrium, dan pengaturan siklus haid.

Normalnya usia berapa anak perempuan haid untuk pertama kali?

Menurut dr. Boyke, normalnya anak perempuan haid pertama pada usia 12 tahun. Namun tidak jarang anak-anak di bawah usia tersebut sudah mengalami haid.

“Junk food memang benar membuat akil baligh anak lebih cepat, karena estrogen. Jadi jangan kaget, meski baru kelas 4 SD sudah haid,” katanya.

Sebenarnya tidak ada masalah haid datang secara dini. Hanya saja, Boyke menjelaskan,”Orang-orang yang menstruasinya datang lebih cepat berpotensi terkena kanker payudara. Terpapar estrogen memudahkannya terkena kanker payudara."

Bahkan junk food tadi tak hanya berpengaruh pada anak perempuan. Anak laki-laki yang berlebihan makan junk food dapat merasakan dampaknya, di mana bisa menyebabkan kegemukan dan penis mengecil.

Adakah cara aman mengonsumsi junk food?

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi ini mengatakan, sebaiknya anak-anak menghindari konsumsi junk food. Namun, ia tidak dapat melarang mereka yang suka makan ayam goreng dari resto cepat saji.

“Kalau bagi saya, lebih baik makan ayam kampung. Sebab, ayam kampung mencari makan sendiri (secara alami). Ayam kampung tidak mengandung estrogen dan itu jauh lebih sehat bagi tubuh,” urainya.

Maka cara paling aman adalah ibu memilih ayam kampung sebagai konsumsi harian. Bila sangat ingin makan junk food, bolehlah makan sesekali tapi tidak terlalu sering. Maksimal, makan sekali dalam seminggu.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aridhoprahasti Education Blog