Bird

salju

cursor

header

http://aridhoprahasti.blogspot.com/
Blog Advertising

Slde

lintas me

Rabu, 24 Juli 2013

Artikel Kesenian Musik india




Di zaman modern seperti sekarang ini banyak kita menemukan jenis-jenis dan genre-genre musik yang beragam, baik yang tradisional maupun nontradisional atau modern. Sebagai seorang siswa, kita diharapkan dapat mengetahui berbagai macam aliran musik tersebut. 
Dalam makalah kali ini akan dibahas mengenai seni musik tradisional yang berkembang di India. India yang di kenal dengan agama budha-nya sedikit banyak telah mempengaruhi perkembangan seni musik di India.  Dan untuk lebih detailnya tentang seni musik tradisional india ini akan diuraikan dalam bab Pembahasan.
Dengan segala keterbatasan tim penulis, maka dalam makalah ini tidak akan dijabarkan satu persatu secara rinci, tapi akan dibahas inti dari seni musik tradisional yang berkembang di India.
1.    Bagaimana sejarah berkembangnya seni musik di India ?
2.    Apa saja ciri-ciri musik tradisional India?
3.    Apakah fungsi dari musik tradisional India?
4.    Apa saja alat musik yang digunakan dalam seni musik tradisional India?
1.    Untuk mengetahui bagaimana sejarah berkembangnya seni musik di India 2. Untuk mengetahui apa saja ciri-ciri serta fungsi dari musik tradisional India
2.    Untuk mengetahui alat musik apa saja yang digunakan dalam seni musik tradisional India
Sebagai sumber pengetahuan mengenai apa saja tentang seni musik India  serta begaimana sejarah berkembangnya seni musik di India.
Serta sbagai suatu referensi baru untuk menambah pengetahuan mengenai seni musik yang tumbuh dan berkembang di dunia khususnya di India.


Musik India, perkembangan musik India dimulai kira-kira sejak abad ke-2 setelah masehi. Bangsa Arya yang bermigrasi ke India membawa pengaruh yang besar terhadap perkembangan musik di India. Musik bagi bangsa India memiliki arti tersendiri, yang pengaruhnya sangat besar terhadap magis, religius, kesusastraan, ilmu, dan seni lainnya. 
Permulaan dan inspirasi bagi musik India adalah memuja para dewa dan dewi. Menurut legenda, dewa Shiwa yang menciptakan suara, irama, dan tari-tarian yang lalu Ia turunkan lewat orang bijak dan diajarkan kepada manusia. Seorang guru yang bernama Narada adalah seorang musisi spiritual dan penyanyi yang menulis buku risalah tentang musik naradasiksa. Guru bernama Barata yang menulis Natyasastra yang berisikan tentang musik, tarian dan drama. 
Sebuah tradisi yang sejak dulu tidak tertulis sangat sulit untuk dilacak untuk dievaluasi. Namun sumber-sumber musik India kuno dapat ditemukan di Sarna Verda. Berisikan ikhtisar dari nyanyian-nyanyian yang dinyanyikan jaman dulu oleh pendeta brahma kepada dewa-dewi vedic.(sekitar 100 – 600 BC) Sarna Verda juga menjelaskan tentang 7 not dalam scale dan 3 macam instrumen. Yaitu Vina (instrumen musik dengan 7 senar), Veni (suling), dan dundubhi (drum).      
Setelah periode vedic, memasuki periode klasik India, muncul adanya teori mengenai grama (scale), murchanna (modes), dan jati (spesies). Musik secara bertahap menjadi lebih terarah dan kompleks. sebelum era Kristen musik telah berkembang sebagai musik sekuler di India.          
Kehadiran agama islam juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan musik di India di mana terjadi peleburan dua budaya yang berbeda yaitu India dengan budaya Persia, Arabia, sampai Mesir. Jenis musik baru dan alat musik baru bermunculan. Di era inilah instrumen Vina berkembang menjadi Sitar. Salah satu hal yang paling menarik dari perkembangan musik di periode islam adalah penggabungan seni musik dengan seni lukis.
     Dinyanyikan dengan tidak berteriak
     Dipengaruhi tradisi Hindu Kuno
     Umumnya berdasar sejarah filsafat Veda
     Memiliki variasi improvisasi
     Penekanan pada vokal
CONTOH:
Musik Hindustan (India utara), Musik Carnatic, Bhangra (daerah Punjab), Dandiya (daerah Gujarat), Haryana (daerah Haryana, UP barat dan sekitarnya dari Rajasthan dan Punjab), Lavani (daerah kering Maharashtra dan Madhya Pradesh)
     Biasanya berstruktur kayu, bambu, dan kulit hewan
     Bersenar tebal / ramping, pada senar utama menimbulkan gema (cordphone)
     Memiliki pelapis spesial (membranphone)
·      Sebagai pengiring acara adat
Sebagai pengiring upacara adat, musik tradisional india biasa di gunakan dalam upacara-upacara sakra seperti pernikahan, dll.
·      Sebagai inspirasi masyarakat
·      Sebagai sumber hiburan spiritual
Nilai-nilai spiritual dan religius yang terkandung dalam musik tradisional india, menjadi suatu hiburan tersendiri pada masyarakat. Jadi, selain sebagai hiburan, juga dapat menjadi sumber nilai-nilai spiritual.

      Dholak, membranphone, daerah India Selatan.
      Ektara, cordhophone, di daerah India Timur, memiliki 1 senar dan dipetik dengan 1 jari
      Sarangi, cordhophone, memiliki 3 senar, dimainkan dengan cara digesek
      Shehnai, aerophone, di daerah India Utara dan Selatan, memiliki 6 – 9 lubang
      Tabla, membranphone, di daerah India Selatan, dimainkan dengan cara dipukul tangan

 ........................

FUNGSI:
      Dholak                        : fungsi ritmis
      Ektara              : fungsi harmonis
      Sarangi            : fungsi harmonis
      Shehnai           : fungsi melodis
      Tabla               : fungsi ritmis
      Purandara Dasa / "Sangeeta Pitamaha"  (komponis musik Hindustan)
      M. Balamuralikrishna (popular Carnatic vocalist)
      Bismillah Khan (master pemain Shahnai)
      Ram Narayan (pemain Sarangi)
      Bhadrachala Ramadasu (penulis lagu musik Carnatic dalam bahasa Telugu)
Menurut kelompok kami, musik india tradisional sangatlah unik karena dalam musik india kebanyakan diiringi dengan tarian-tarian dan Penekanan pada vokal. Musik tradisional india juga banyak digunakan untuk mengiringi upacara adat (ritual keagamaan)  atau pernikahan. Sesuatu yang menonjol dari musik tradisional india adalah alat dan jenis  musik yang digunakan, dan itu menunjukkan kekentalan budaya india.



Perkembangan musik India dimulai kira-kira sejak abad ke-2 setelah masehi. Bangsa Arya yang bermigrasi ke India membawa pengaruh yang besar terhadap perkembangan musik di India. Sejak awal berkembangnya, musik india telah bercampu-campur serta berpadu dengan musik lain seperti musik arab, mesir, serta persia.
Musik tradisional india memiliki ciri-ciri seperti: Penekanan pada vokal dan banyak melakukan improvisasi. Alat musik yang di gunakanpun beraneka ragam seperti: Dholak, Ektara, Sarangi, dll.
Seni musik tradisional memiliki fungsi diantara lain sebagai pengiring acara adat, sebagai sumber hiburan spiritual, dll. Seni musik india sekarang ini telah mengalami beberapa perubahan baik pada vocal maupun instrumen. Tapi maksud yang di kedepankan masih sama yaitu masalah religi atau spiritual.

Bagi para pembaca di harapkan dapat memahami mengenai macam-macam musik dari genre-genre yang ada, baik tradisional maupun nontradisional. Khususnya mengenai musik tradisonal yang berkembang di India. Sehingga dapat di ambil manfaaat serta sebagai sumber pengetahuan dan referansi baru mengenai seni musik tang ada di dunia.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aridhoprahasti Education Blog