Bird

salju

cursor

header

http://aridhoprahasti.blogspot.com/
Blog Advertising

Slde

lintas me

Kamis, 28 November 2013

Macam-macam Musik Mancanegara



Guru: Bpk. Parman



Macam-macam Musik  Mancanegara

1. Musik Klasik
a. Pengertian
       Musik klasik adalah musik yang diproduksi dalam seni, atau berakar dalam, tradisi musik liturgi Barat dan sekuler, yang mencakup periode yang luas dari sekitar abad ke-9 untuk menyajikan norma-norma sentral times.

b. Ciri-ciri  dan Elemen
>ciri-ciri :
1. Didominasi oleh musik gesek dan tiup.
2. Tidak menggunakan beat (drum-set) secara konstan.
3. Tidak menonjolkan ritme pada melodi dan harmoni.
>elemen
Elemen klasik adalah suatu konsep yang digunakan oleh para filosof kuno untuk menjelaskan terjadinya pola-pola di alam.
c. Alat-alat Musik yang digunakan
1. Harpsichord
2. Piano
3. Biola (Violin)
4. Brass
5. Cello / Bass Violin

d. Sejarah dan Fungsi
>Sejarah
           Musik Klasik dimulai dengan penemuan Notasi Gregorian tehun 590 oleh Paus Agung Gregori, berupa balok not dengan 4 garis, namun notasi belum ada hitungannya. Paus Gregory semasa hidupnya telah mencatat lagu-lagu Gereja dengan Notasi Gregorian tersebut. sebelum tahun 590 musik mengalami kegelapan tidak ada peninggalan tertulis yang dapat dibaca

>Fungsi
1.    Meningkatkan kecerdasan majemuk
2.    Memfasilitasi ikatan emosional orang tua dan anak anak
3.    Membangun ketrampilan sosial dan emosional anak
4.    Meningkatkan perlatihan terhadap tugas tugas dan kemampuan bicara
5.    Mengembangkan kontrol impulsif dan perkembangan motorik
6.    Menjembatani keratifitas dan kesenangan

2. Musik jazZ
a. Pengertian
       Jazz adalah jenis musik yang tumbuh dari penggabungan blues, ragtime, dan musik Eropa, terutama musik band
 b. Ciri-ciri dan elemen-elemennya
>Ciri-ciri :
1) Vokal dan lirik cenderung dianggap sebagai bagian dari bunyi instrumen
2) Harmoninya rumit, memiliki tonalitas yang luas dan sering terjadi modulasi
3) Ritme dan melodi memiliki kecenderungan improvisatif
> Elemen                                                      
Elemen penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi,polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note.
c. Alat-alat Musik yang digunakan
1. Gitar
2. Trombon
3. Piano
4. Trompet
5. Saksofon
d. Sejarah dan Fungsi
>Sejarah
Musik Jazz lahir di Amerika Serikat tahun 1868. Hal itu adalah yang ditulis oleh para peneliti sejarah jazz dan yang telah disepakati oleh berbagai pihak. Walaupun musik jazz lahir di Amerika Serikat, namun kini jazz bukan lagi hanya milik bangsa Amerika, melainkan sudah menjadi sebuah warna musik yang dimiliki oleh seluruh masyarakat dunia.
Awalnya, musik jazz lahir dengan dasar Blues. Kemudian pada sekitar tahun 1887 mulai dikenal bentuk Rag Time, yang pada waktu itu berupa permainan piano di bar- bar. Blues dan Rag Time berkembang menjadi Boogie - Woogie. Bentuk-bentuk tersebut selain merambah pada jalurnya sendiri, juga berkembang menelusuri perjalanan musik jazz.Para peneliti musik mengemukakan, bahwa bentuk musik jazz yang dapat dianggap sebagai bentuk awal yang berkembang dari zaman ke zaman sampai bentuk jazz yang ada saat ini, adalah bentuk musik jazz yang terdapat sekitar tahun 1915 - 1917. Pada masa itu, para negro di kota New Orleans, AS memainkan musik jazz yang memiliki corak yang khas, sehingga dikenal sebagai Jazz New Orleans. Para musisi jazz New Orleans, menyajikan penampilan mereka di bar, rumah judi, bahkan tempat-tempat pelacuran yang di masa itu sangat tumbuh subur di New Orleans.Karena dianggap mengurangi perhatian masyarakat terhadap pemerintahan dan banyak terjadinya tindak kriminal, maka pada tahun 1917 tempat hiburan hampir di seluruh New Orleans ditutup. Musik Jazz lalu berkembang keluar dari kota New Orleans. Para musisi jazz yang berasal dari New Orleans mulai membawa musik jazz menelusuri sungai Mississippi, terus ke arah utara hingga sampai di Detroit. Di tahun 1920-an musik jazz telah berkembang di New York, Chicago, Memphis dan kota-kota besar di Amerika Serikat hingga akhirnya meluas ke seluruh dunia seperti saat ini.

3. Musik Country
a. Pengertian
      Musik country adalah campuran dari sejumlah unsur musik Amerikayang berasal dari Amerika Serikat Bagian Selatan dan Pegunungan Appalachia.
b. Ciri-ciri
>ciri-ciri :
Ciri khas Country adalah penggunaan alternasi bass atau bas berganti disela-sela strumming. Bila memainkan akor C misalnya, maka bas C dan G dibunyikan bergantian dengan strumming tetap pada akor C. Improvisasi tangga nada yang digunakan, apabila dengan tangga nada natural, adalah dengan not-not C-D-Dis-E-G-A

c. Alat-alat Musik yang digunakan
1.    Gitar                        6. gitar bass
2.    Biola                       7. drum
3.    steel guitar              8. mandolin
4.  dobro                        9. banjo
5.    harmonika              
d. Sejarah
>Sejarah
 Sejarah musik country selalu di identikan dengan koboi musik ini lahir saat imigran-imigran datang ke Amerika Utara dan mentap di selatan pegunungan Appalachia. Para imigran ini membawa alat musik yang telah dikenal sejak lama oleh mereka. sejarah musik country dimulai oleh interaksi para musisi dari berbagai kebangsaan yang menghasilkan musik khas dari Amerika Utara. Dan diabad ke 19 kelompok musik ini akhirnya berpindah ke texas, mereka pun melanjutkan bermain musik disana Rekaman yang dianggap sebagai rekaman pertama sejarah musik country adalah lagu “Sallie Gooden” dari pemain Fiddle A.C. (Eck) Robertson yang dirilis tahun 1922 oleh Victory Records. Dan dari sini lah muncul para musisi blues yang menjadi awal dari perkembangan musik blues sperti Riley Puckett, Don Richardson, Fiddlin’ John Carson, Al Hopkins, Charlie Poole and the North Carolina Ramblers dan The Skillet Lickers..

4.Musik Blues
a. Pengertian
     Blues adalah sebuah aliran musik vokal dan instrumental yang berasal dari Amerika Serikat (AS).
b. Ciri-ciri
>ciri-ciri :
Ciri dari permainan musik blues hampir sama dengan musik jazz, perbedaanya yaitu terletak pada tempo dan penonjolan unsur melodinya. Musik blues temponya slow, pada lagu dan permainan gitar lebih ditonjolkan sedangkan instrumen lainnya kelihatan hanya sebagai pelengkap saja.
c. Alat-alat Musik yang digunakan
1.      Gitar                      6. Klarinet
2.      Gitar Bass             7. Trompet
3.      Saksofon               8. Double Bass
4.      Trombon               9. Drum
5.      Piano
d. Sejarah
>Sejarah
Istilah blues resmi dipakai baru pada tahun 1910.Blues adalah sebuah aliran musikvokal dan instrumental yang berasal dari Amerika Serikat (AS). Nama blues lahir dari istilah blue yang dikonotasikan dengan perasaan frustatif dan melankolis.Musik bluesberangkat dari musik-musik spiritual dan pujian yang muncul dari komunitas mantan budak-budak Afrika di AS. Dan mulai berkembang pesat pada abad ke-19 M itu AS.
Menurut penulis ,ilmuwan serta peneliti pada Schomburg Center for Research in Black Culture di New York, Sylviane Diouf,Blues memiliki relasi dengan tradisi masyarakat Muslim di Afrika Barat.Untuk membuktikan keterkaitan antara musik Blues Amerika dengan tradisi kaum Muslim, Diouf memutar dua rekaman. Yang pertama diperdengarkannya kepada publik yang hadir di sebuah ruangan Universitas Harvard adalah lantunan adzan (panggilan bagi umat Islam untuk menunaikan ibadah shalat). Setelah itu, Diouf memutar Levee Camp Holler.
Rekaman kedua itu adalah lagu Blues lawas yang pertama kali muncul di Delta Mississippi sekitar 100 tahun yang lalu. Levee Camp Holler bukanlah lagu blues yang terbilang biasa. Lagu itu diciptakan oleh komunitas kulit hitam Muslim asal Afrika Barat yang bekerja di Amerika pasca-Perang Sipil.lagu Levee Camp Holler itu menekankan kata-kata yang terdengar bergetar. Menurut Diouf, langgam yang sengau antara laguBlues Levee Cam Holler yang mirip adzan juga merupakan bukti adanya pertautan antara keduanya.
Guru Besar Ethnomusikologi dari Universitas Mainz, Jerman, bernama Prof Gehard Kubik juga menulis sebuah buku tentang relasi musik Blues dengan peradaban Islam di Afrika Barat berjudul, Africa and the Blues, yang diterbitkan University Press of Mississippi pada 1999.Prof Kubik telah membuktikannya. “Gaya vokal kebanyakan penyanyi Blues menggunakan melisma, intonasi bergelombang. Gaya vokal seperti itu merupakan peninggalan masyarakat di Afrika Barat yang telah melakukan kontak dengan dunia Islam sejak abad ke-7 dan 8 M,” paparnya. Melisma menggunakan banyak nada dalam satu suku kata. 

5. Musik  reggae
a. Pengertian
Reggae merupakan irama musik yang berkembang di Jamaika.
b. Ciri-ciri
>ciri-ciri :
Ciri khas reggae terletak pada ritmenya, di mana terdapat aksen musik yang seakan terputus-putus, yang dikenal sebagai skank. Biasanya, reggae lebih lambat dari ska, akan tetapi lebih cepat jika dibandingkan dengan rocksteady.
c. Alat-alat Musik yang digunakan
1.      Drum
2.      Bass
3.      Guitars
4.      Keyboard
d. Sejarah
>Sejarah
Tahun 1968 banyak disebut sebagai tahun kelahiran musik reggae. Sebenarnya tidak ada kejadian khusus yang menjadi penanda awal muasalnya, kecuali peralihan selera musik masyarakat Jamaika dari Ska dan Rocsteady, yang sempat populer di kalangan muda pada paruh awal hingga akhir tahun 1960-an, pada irama musik baru yang bertempo lebih lambat : reggae. Boleh jadi hingar bingar dan tempo cepat Ska dan Rocksteady kurang mengena dengan kondisi sosial dan ekonomi di Jamaika yang sedang penuh tekanan.
Kata “reggae” diduga berasal dari pengucapan dalam logat Afrika dari kata “ragged” (gerak kagok–seperti hentak badan pada orang yang menari dengan iringan musik ska atau reggae). Irama musik reggae sendiri dipengaruhi elemen musik R&B yang lahir di New Orleans, Soul, Rock, ritmik Afro-Caribean (Calypso, Merengue, Rhumba) dan musik rakyat Jamaika yang disebut Mento, yang kaya dengan irama Afrika. Irama musik yang banyak dianggap menjadi pendahulu reggae adalah Ska dan Rocksteady, bentuk interpretasi musikal R&B yang berkembang di Jamaika yang sarat dengan pengaruh musik Afro-Amerika. Secara teknis dan musikal banyak eksplorasi yang dilakukan musisi Ska, diantaranya cara mengocok gitar secara terbalik (up-strokes) , memberi tekanan nada pada nada lemah (syncopated) dan ketukan drum multi-ritmik yang kompleks.
Teknik para musisi Ska dan Rocsteady dalam memainkan alat musik, banyak ditirukan oleh musisi reggae. Namun tempo musiknya jauh lebih lambat dengan dentum bas dan rhythm guitar lebih menonjol. Karakter vokal biasanya berat dengan pola lagu seperti pepujian (chant), yang dipengaruhi pula irama tetabuhan, cara menyanyi dan mistik dari Rastafari. Tempo musik yang lebih lambat, pada saatnya mendukung penyampaian pesan melalui lirik lagu yang terkait dengan tradisi religi Rastafari dan permasalahan sosial politik humanistik dan universal.
Album “Catch A Fire” (1972) yang diluncurkan Bob Marley and The Wailers dengan cepat melambungkan reggae hingga ke luar Jamaika. Kepopuleran reggae di Amerika Serikat ditunjang pula oleh film The Harder They Come (1973) dan dimainkannya irama reggae oleh para pemusik kulit putih seperti Eric Clapton, Paul Simon, Lee ‘Scratch’ Perry dan UB40. Irama reggae pun kemudian mempengaruhi aliran-aliran musik pada dekade setelahnya, sebut saja varian reggae hip hop, reggae rock, blues, dan sebagainya.                                                         



Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aridhoprahasti Education Blog