Bird

salju

cursor

header

http://aridhoprahasti.blogspot.com/
Blog Advertising

Slde

lintas me

Kamis, 16 Januari 2014

Cara Mengatur Resolusi Keuangan di 2014

Tahun 2014 baru berjalan belasan hari. Belum terlambat bagi Anda untuk menetapkan target atau resolusi yang akan dicapai, termasuk dalam hal keuangan. Resolusi keuangan tidak harus selalu muluk seperti memiliki deposito Rp100 juta, atau ganti mobil baru. Resolusi keuangan dapat dimulai dari hal kecil yang  bisa dilakukan untuk membuat kondisi keuangan lebih baik tahun ini.

Seperti saat wajah berjerawat, untuk mengetahui secara pasti lokasinya, Anda perlu bercermin sehingga dapat melakukan perawatan lebih lanjut terhadapnya,  sama halnya dengan keuangan. Untuk mengetahui apa penyebab masalah keuangan, Anda perlu cermin berupa laporan arus kas bulanan yang berisi daftar pendapatan dan pengeluaran selama satu bulan. Dari laporan arus kas bulanan, Anda dapat mengetahui ke mana saja penghasilan dibelanjakan.  Anda juga dapat mengetahui kesehatan kondisi keuangan saat ini dengan rasio keuangan.

Sila melakukan pengecekan serta mempelajari apakah rasio keuangan itu di sini:http://qmfinancial.com/quick-checkup-2/ 

Kondisi keuangan dikatakan sehat jika :
1. Selisih antara pendapatan dengan pengeluaran masih positif
2. Besarnya cicilan bulanan adalah 1/3 dari pendapatan.

Setelah mengetahui kondisi keuangan secara pasti, Anda dapat menentukan apa tindakan yang bisa diambil untuk memperbaiki kondisi keuangan. Misalnya, dari laporan arus kas bulanan tergambar bila ternyata banyak pengeluaran yang berupa cicilan utang. Untuk mengatasinya, mungkin ada utang yang bisa dilunasi dengan sebagian aset yang dimiliki, atau Anda dapat bernegosiasi dengan pemberi utang untuk mendapatkan keringanan pelunasan.

Bisa jadi kondisi keuangan Anda tidak sehat karena memiliki hobi yang cukup menguras kantong. Untuk yang seperti ini, bisa disiasati dengan menyiapkan “shopping account”. Shopping account adalah tabungan yang disisihkan setiap bulannya untuk kebutuhan hobi dan bisa dipakai kapan saja asalkan dana yang dibutuhkan masih mencukupi. Saat ingin berbelanja hobi, maksimal yang Anda bisa dibelanjakan hanya sebesar dana yang ada di shopping account tersebut.

Jika kondisi keuangan telah sehat, mari menuju ke tahap selanjutnya, yaitu membiasakan diri untuk dapat mengendalikan keuangan. Hal ini dapat dimulai dengan mulai menabung 10% dari pendapatan secara rutin, lebih bijak dalam menggunakan kartu kredit dan melunasi seluruh tagihannya tepat waktu. Lebih jauh lagi, Anda bisa mulai mempersiapkan dana pensiun atau dana pendidikan anak, atau dana liburan.

Begitulah tahapan menuju kondisi keuangan yang lebih baik untuk tahun 2014. Yang terpenting, mulai dari hal kecil dan mulailah sekarang.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aridhoprahasti Education Blog