Bird

salju

cursor

header

http://aridhoprahasti.blogspot.com/
Blog Advertising

Slde

lintas me

Senin, 20 Januari 2014

CONTOH PIDATO TAWURAN PELAJAR "REMANZA"

PIDATO TAWURAN PELAJAR "REMANZA"

Assalamualaikum Wr Wb
Yang terhormat Ibu Umi selaku Guru Bahasa Indonesia MAN 1 BANTUL dan teman-teman XII IPA 1 yang saya sayangi. 

Ahmad Rosyid Aridho XII IPA 1 2013/2014


Ahmad Rosyid Aridho XII IPA 1 2013/2014

Pertama – tama marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di sini tanpa halangan suatu apapun.

Kedua kalinya Shalawat serta salam tak lupa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang telah membawa umatnya dari jaman jahiliyah menuju jaman islamiyah. Dan yang kita nantikan safaatnya di yaumul kiamah nanti…. Amin

Pada kesempatan ini izinkan saya menyampaikan pidato tentang “TAWURAN PELAJAR”.

Teman – temanku sekalian, berbicara mengenai TAWURAN, hmmmmmm 

Ahmad Rosyid Aridho XII IPA 1 2013/2014

Sepertinya kata ini cukup familiar di telinga kita bahkan masyarakat Indonesia. Tawuran sepertinya sudah menjadi budaya di negara kita ini dan yang paling sering kita jumpai di kalangan remaja sekolah. Bagi mereka yang memiliki usia masih labil hal ini bisa jadi merupakan kebanggaan tersendiri untuk mereka. 

Sepertinya tawuran menjadi ajang kebolehan kekuatan antara mereka. terkadang nama sekolah dijadikan sebagai alasan tanpa mereka sadari yang mereka lakukan adalah hal yang merugikan mereka sendiri bahkan sekolah mereka. Saat tawuran entah apa yang ada pada pikiran mereka, bahkan belakangan ini di daerah perkotaan khususnya kota besar, Jakarta. Kita tahu dampak dari tawuran ini bermacam-macam mulai dari perubahan sikap mereka saat di sekolah ataupun di rumah, sifat dendam yang terus menerus, tidak adanya lagi sikap toleransi dan tata krama antara teman, merugikan sekolah, merugikan orang tua, bahkan akibat yang paling buruk dari tawuran ini adalah kematian. Beberapa waktu yang lalu, di daerah Jakarta terjadi tawuran yang menelan korban jiwa bahkan siswa yang menjadi korban adalah siswa yang tidak terlibat, dia hanya korban salah sasaran. Sungguh miris mendengar remaja sekolah tawuran sampai terjadi kematian. Sebenarnya pola pikir mana yang mereka gunakan waktu itu.

Tawuran pada awalnya disebabkan oleh lingkungan sekitar dan kurangnya pondasi Agama yang kuat. Bila setiap anak mendapatkan pondasi Agama yang kuat kemungkinan besar hal-hal seperti tawuran dan semacamnya mungkin dapat diminimalisir. Lingkungan luar yang tidak mendukung juga menjadi faktor penting yang mempengaruhi terjadinya tawuran. Anak yang tadinya pendiam bisa menjadi nakal bila lingkungan tersebut tidak baik untuk perkembangannya selain itu kurangnya pondasi agama yang dia terima. Jadi Pondasi agama dan lingkungan memiliki hubungan yang erat dan saling mengisi satu sama lain.


Ahmad Rosyid Aridho XII IPA 1 2013/2014
Ada beberapa pihak mengatakan lingkungan keluarga juga mempengaruhi, memang betul tapi hanya sekian persen sebab tidak ada keluarga yang mengajarkan hal-hal buruk kepada anaknya. Di rumah anak dididik sebagaimana mestinya menurut aturan rumah dan agama kemudian setelah di luar rumah keluraga tidak mungkin terus mengontrol tindakan mereka. Tidak itu saja, bahkan bia di sekolah guru sudah memberikan kontribusi yang terbaik untuk para siswa namun di luar lingkungan sekolah guru juga tidak mungkin terus mengawasi mereka. 

Jadi, sebagian besar penyebab tawuran itu terjadi karena lingkungan sekitar yang kurang baik dan pondasi agama yang kurang. Selain itu bimbingan-bimbingan konseling yang kurang diberikan kepada anak-anak usia pelajar.

Sebagai siswa, kita perlu mengetahui bagaimana cara menjauhkan diri dari tawuran. Agar kita tidak terjerumus kedalamnya. Dan cara untuk mengantisipasinya agar didalam pemikiran remaja tidak berfikir buruk contohnya seperti:

1)      Mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa
2)      Kalau ada orang yang melihat kita dengan sorot mata yang sangat tajam biarkan saja.
3)      Bersikaplah sebagai seorang pelajar.
4)      Harus berfikir seelum melakukan suatu tindakan.

Teman – teman sekalian dari peristiwa diatas dapat disimpulkan bahwa Tawuran itu perbuatan yang sangat merugikan orang lain dan juga diri kita sendiri. Dan selalu ingatlah kalian bahwa setiap perilaku kita diketahui oleh Allah SWT. Tidakkah kalian sadar tawuran itu dibenci oleh Allah? Maka janganlah sekali – kali melakukan hal yang dibenci oleh Allah. Maka dari itu kita harus waspada dan harus siap dengan perilaku yang baik dan sesuai dengan aturan yang ada. Jangan jadikan diri kita rendah karena perbuatan rendah seperti tawuran. Ahmad Rosyid Aridho XII IPA 1 2013/2014

Baiklah teman temanku sekalian mungkin hanya itulah pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk kita semua. Dan apabila ada ucapan yang kurang berkenan dihati anda semuanya mohon dimaafkan.
Akhirukalam wabilahi taufik wal hidayah
Wassalamualaikum Wr Wb



Ahmad Rosyid Aridho XII IPA 1 2013/2014
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aridhoprahasti Education Blog