Bird

salju

cursor

header

http://aridhoprahasti.blogspot.com/
Blog Advertising

Slde

lintas me

Minggu, 26 Januari 2014

Prodi Manajemen Punya Peluang Karier Luas

Prodi Manajemen Punya Peluang Karier Luas

Ilustrasi : CorbisIlustrasi : Corbis
FAKULTAS Ekonomi, khususnya program studi (prodi) Manajemen, selalu menjadi incaran calon mahasiswa. Peluang karier yang ditawarkan jurusan ini memang beragam, mulai manajer pemasaran hingga wirausahawan. Antusiasme peminat pun selalu tinggi setiap tahun.


Lihat saja jumlah pelamar program studi Manajemen yang berada di bawah Fakultas Ekonomi, Universitas Brawijaya (UB), Malang. Tahun ini peminat prodi tersebut mencapai 5.000 orang, sementara yang diterima hanya berkisar 300–350 mahasiswa.

”Tahun ini memang cukup tinggi (pelamar). Padahal, rata-rata setiap tahun cuma 4.000-an. Kami membuka kelas S-1 prodi ini hingga tujuh kelas,” kata Sekretaris Jurusan Manajemen UB, Mishabuddin.

Peminat prodi yang sama untuk program S-2 juga tidak kalah banyak. Jumlahnya mencapai 1.000 orang, namun yang diterima hanya 45 mahasiswa dengan kapasitas 2–3 kelas. Peminat S-3 pun setali tiga uang alias tidak kalah banyak.

Kondisi yang sama terjadi di Universitas Paramadina, Jakarta. “Maksimal kami menerima 350–400 mahasiswa setiap tahun,” ujar Wijayanto MPP yang menjabat Deputi Rektor Bidang Kerja sama dan Pengembangan Bisnis Universitas Paramadina.

Lebih lanjut Wijayanto memaparkan, metode pengajaran didesain dengan menempatkan mahasiswa sebagai subjek proses pembelajaran, dengan memperbanyak diskusi dan kerja kelompok. Mahasiswa juga didorong untuk belajar dari fenomena di dunia nyata. Misalnya, ketika mendiskusikan kemiskinan, Wijayanto menugaskan para mahasiswa mengobservasi kemiskinan di Jakarta.

Mereka membuat laporan dilengkapi dengan foto dan klip video singkat, lalu didiskusikan di kelas untuk mencari dasar teori dari fenomena yang mereka temukan. ”Intinya, teori kita tarik ke level praktis sehingga ilmu menjadi terasa hidup dan menarik,” ungkap dosen program studi Bisnis dan Manajemen itu.

Hampir 50 persen alumni prodi Manajemen dari Universitas Paramadina berkiprah menjadientrepreneur. Walaupun pada tahun-tahun awal setelah lulus mereka bekerja sebagai profesional, cukup banyak di antaranya yang kemudian memanfaatkan kesempatan tersebut sebagai ajang pembelajaran sebelum akhirnya mendirikan bisnis sendiri.

Adapun di Universitas Gunadarma, mahasiswa ekonomi tidak saja dibekali ilmu ekonomi, namun juga pengetahuan tentang teknologi informasi dan perangkat lunak serta kemampuan penguasaan berbahasa Inggris yang baik.

Kualifikasi lulusan yang diharapkan dari prodi Manajemen, di antaranya mampu menguasai dasar-dasar matematika dan statistika ekonomi (bisnis) serta manajemen sains sebagai dasar pengambilan keputusan, menguasai dan menerapkan dasar-dasar ekonomi dan teknologi informasi dalam berbagai aplikasi praktis di bidang ekonomi/bisnis, serta mampu menggunakan alat (software) dalam proses penyelesaian kasus-kasus dimulai dari tahap identifikasi, formulasi, hingga penetapan kesimpulan.

Peluang karier lulusan prodi Manajemen cukup beragam di antaranya wirausahawan, pengelola usaha, konsultan manajemen dan bisnis, manajer atau konsultan pemasaran, manajer keuangan, hingga instruktur program pelatihan. (sri noviarni) ( (koran Sindo)/Koran SI/mrg)
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aridhoprahasti Education Blog