adf.ly

https://adf.ly/publisher

Bird

salju

cursor

header

http://aridhoprahasti.blogspot.com/

Slde

lintas me

Kamis, 21 Februari 2013

SANSIVERIA TANAMAN PENGHISAP RACUN UDARA




SANSIVERIA
TANAMAN PENGHISAP RACUN UDARA


BAB I
PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG
 Seiring dengan meningkatnya angka pertumbuhan masyarakat peningkatan kendaraan bermotor juga semakin meningkat. Pada akhirnya polusi udara semakin meningkat dan tak terkendali, sehingga masyarakat kekurangan porsi udara bersih untuk di jadikan energi untuk beraktivitas sehari-hari.
Bahkan di perkotaan setiap harinya masyarakat perkotaan selalu di suguhi polusi udara kotor dari asap kendaraan bermotor sebab kota menjadi pusat tempat perekonomian sehingga membuat kota menjadi pusat transportasi berada. Hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan manusia, sehingga dapat memicu tearjadinya berbagai macam penyakit.
            Berikut penyakit yang disebabkan dari polutan atau biasa disebut Sick Building Syndrome menimbulkan beberapa gejala ,diantaranya sebagai berikut :
a.Mata dan hidung panas seperti terbakar.
b.Tenggorokan panas dan kering.
c.Fatigue kronis.
d. Menurunkan kemampuan berkonsentrasi.
e.Gemetar.
f.Mual.
g.Pening.
h.Kulit kasar dan kering.
i.Lelah saat beraktifitas sedang atau cepat lelah .
j.Sakit kepala yang berkepenjangan.
k.Jantung berdebar ,dari biasanya atau tidak normal.
l.Batuk,serak dan sakit tenggorokan yang berkepanjangan.
m.Pilek atau hidung berlendir.
n.Masalah kehamilan .
o.Peka terhadap bau-bauan.
p.Nafas tersenggal-senggal.
q.Merasa sehat ketika berpindah tempat atau meninggalkan ruangan .
           Maka dari itu perlu adanya pelestarian tanaman yang mampu meminimalisir polusi udara , bahkan mampu menyerap racun di udara. Salah satunya adalah tanaman sansiveria, tanaman ini mampu menyerap polusi udara beserta racun didalamanya.
Sebagai tanaman hias Sansevieria sangat mudah dirawat, tidak membutuhkan banyak lahan, dan dapat berfungsi sebagai penyerap polutan. Ketiganya adalah sifat utama Sansevieria yang memenuhi kriteria terhadap tuntutan masyarakat yang semakin sibuk, tak punya lahan yang luas, serta sarat dengan polusi.

B.RUMUSAN MASALAH
            Beberapa pokok permasalahan yang telah DI rumuskan dan menjadi pertanyaan dalam karya tulis diantaranya adalah sebagai berikut :
1.Apakah manfaat tanaman Sansevieria ini ?
2.Bagaimana cara untuk membudidayakan tanaman sasevieria ini ?
3.Apa upaya dan cara yang dilakukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas tanaman Sansevieria ini ?

C.TUJUAN PENELITIAN
1. Mengetahui seluk beluk tanaman Sansevieria.
2.Mengetahui tentang bagaimana upaya-upaya kita untuk menjaga kualitas tanaman Sansevieria serta pembudidayaannya.
           
D. MANFAAT  PENELITIAN
            Dari penulisan karya tulis ini dapat bermanfaat ,diantaranya untuk :
1.Mengetahui manfaat-manfaat tanaman sansivieria
2.Mendorong agar mau melestarikan tanaman sansiveria
3.Dapat menyimpulkan dampak positif tanaman sansiveria pada lingkungan.

BAB II
LANDASAN TEORI
SANSEVIERIA” inilah salah satu tanaman hias yang banyak digemari masyarakat.Tanaman asli dari daerah tropis yang dikenal sebagai tanaman purba (old century plant) ini,selain indah juga memiliki banyak manfaat ,yaitu sebagai anti polutan,sumber serat,dan bahan racikan obat.Sekarang ini Sansevieria dibudidayakan untuk memenuhi keperluan pasar dalam negeri dan ekspor,hal ini dikarenakan banyaknya manfaat yang diberikan dari tanaman ini.
            Sansevieria, sangat mudah dibudidayakan bahkan dalam kondisi lingkungan yang sangat terbatas.Sebagian besar Sansevieria dapat tumbuh dengan baik. Meskipun demikian,pengetahuan tentang syarat tumbuh dan perawatannya yang optimum perlu untuk diketahui baik oleh hobiis tanaman hias maupun pengusaha yang ingin membudidayakannya.
            Dari berbagai uraian diatas yang ditulis ini ,menjadi motivasi dan dorongan bagi penulis untuk menyusun karya tulis dengan judul “PEMANFAATAN  SANSEVIERIADAN USAHA  PEMBUDIDAYAANNYA” .Adapun alasan yang lainnya yaitu rasa ingin tahu penulis tentang hal tersebut.

BAB III
METODE PENELITIAN

            Untuk mendapatkan informasi yang tepat dan akurat serta dapat mengungkap permasalahan-permasalahan yang telah dirumuskan dalam karya tulis ini , diantaranya sebagai berikut :
1.Metode Literatur
Metode Literatur yakni ,dengan study pustaka atau dengan mempelajari buku-buku yang berkaitan dan menunjang dalam pembuatan karya tulis ini .
2.Metode Observasi
Metode Observasi yakni,dengan mengadakan penyelidikan baik secara langsung maupun tidak langsung.

BAB IV
PEMBAHASAN

A.MEMBINA LINGKUNGAN YANG INDAH DAN MENYEHATKAN.
            Banyak orang yang mengatakan bahwalingkungan yang indah itu tak jauh dari tanaman hias,tetapi yang menjadi permasalahan pokok saat ini “APAKAH SEMUA JENIS TANAMAN HIAS ITU BAIK DIPELIHARA???”
            Dengan mengadakan observasi serta pengetahuan atau  informasi-informasi yang didapat (Literatur).Kami member saran serta menginformasikan lebih lanjut, bahwa solusi yang terbaik yaitu dengan menanam tanaman hiasSansevieria atau lebih dikenal dengan nama SNAKE PLANT  atau Mother –in Law’s Tongue yang kemudian oleh masyarakat Indonesia disebut dengan istilah  LIDAH MERTUA.
            Meskipun“Sansevieria” merupakan tanaman sukulen dari keluarga Dracaenaceae yang berasal dari Afrika,Afrika Selatan,Arabia,India dan Indonesia juga tak kalah dari Negara-negara tersebut.Tanaman Sansevieriabanyak tumbuh di Indonesia,dimana tanaman ini juga hidup didaerah tropis yang tidak memiliki suhu beku.Tanaman yang demikian dikelompokan sebagai tanaman tropis tulen(true tropical plant).”Sansevieria”,yang lama tumbuh di Indonesia bahkan ada spesies endemic Indonesia .Misalnya saja S.javanica, S.L.CBlume, yang berasal dari kepulauan seribu di utara pulau jawa.Sansevieria memiliki beberapa nama daerah yakni ki kolo ,Nanas Walondo,dan Rajak wesi(jawa),Litah
Banyawak(Sunda)dan Mandalika(Madura).

BAB V
PENUTUP

A.KESIMPULAN
            Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.Tanaman yang paling baik untuk dipelihara yaitu jenis tanaman Sansevieria,selain keunikan warna serta bentuk daunnya yang tebal dank eras.
2.Manfaat Sansevieria yaitu selain sebagai hiasan, juga dimanfaatkan  sebagai sumber serat,anti polutan dan bahanracikan obat.

5 komentar:

Aridhoprahasti Education Blog