adf.ly

https://adf.ly/publisher

Bird

salju

cursor

header

http://aridhoprahasti.blogspot.com/

Slde

lintas me

Rabu, 24 April 2013

Sifat-sifat Koloid, Pengertian dan Definisi Dialisis


Dialisis Koloid. 

Dialisis merupakan salah satu sifat dari sistem koloid. Dialisi adalah suatu proses permunian partikel koloid dari ion-ion penganggu kestabilan koloid dengan penyaringan mengunakan membran atau selaput semipermeabel. Selaput semipermeabel adalah sejenis alat saring yang dibuat khusus untuk keperluan dialisis koloid yang memiliki daya saring sangat tinggi. Selaput semipermeabel ini hanya melewatkan molekul air dan ion-ion saja, sedangkan partikel koloid tetap tinggal.

CARA KERJA DIALISIS KOLOID \ PROSES DIALISIS KOLOID
Prinsip dialisis atau pemisahan koloid dari ion-ion penganggu ini didasarkan pada perbedaan laju transport partikel. Proses Dialisis Koloid sangatlah sederhana. Koloid yang akan di dialisis dimasukan kedalam sebuah kantong yang terbuat dari selaput semipermeabel. Jika kantong berisi koloid tersebut kemudian dimasukan kedalam sebuah tempat berisi air yang mengalir, maka ion-ion penganggu akan menembus selaput semipermeabel bersama air dan yang tinggal selaput semipermeabel hanyalah koloid yang telah dimurnikan.

CONTOH PROSES DIALISI KOLOID
Contoh paling mudah dari proses dialisis koloid adalah proses pencucian darah bagi pasien gagal ginjal. Gagal ginjal adalah penyakit dimana ginjal tidak berfungsi dengan baik. Dalam tubuh, ginjal berfungsi sebagai alat dialisis darah. Dimana didalam ginjal dilakukan penyaringan dan pemisahan darah dari zat-zat yang penganggu dan bahan buangan lainnya. Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka diperlukan alat buatan yang dapat mendialisis darah secara buatan dengan alat yang disebut mesin pencuci darah atau mesin Dialisator.


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aridhoprahasti Education Blog