Bird

salju

cursor

header

http://aridhoprahasti.blogspot.com/
Blog Advertising

Slde

lintas me

Selasa, 03 Desember 2013

Satelit Yamal 202 adalah satelit rusia yg berada pada 49degE dan bisa di terima di wilayah sumatera dengan baik, tapi untuk lnb nya harus sedikit di modifikasi, karena

Satelit Yamal 202


Satelit Yamal 202 adalah satelit rusia yg berada pada 49degE dan bisa di terima di wilayah sumatera dengan baik, tapi untuk lnb nya harus sedikit di modifikasi, karena menggunakan signal sistim L/R bebeda dengan yg biasa H/V. Untuk menerima Satelit Yamal 202 kita harus menyiapkan lnbf yg harus di modifikasi dari sistem penerimaan H/V menjadi sistem penerimaan L/R atau L = Left circularatau berputar ke kiriR = Right circular atau berputar ke kanan, ini sistem dari gelombang electromagnetik yang di pancarkan dari satelit yamal ini.
ini gambar wilayah yang masuk dalam jangkauan satelit yamal 202. sumber :http://www.lyngsat-maps.com/maps/yamal202.html

Bahan yang di perlukan untuk memodifikasi lnbf  ini bisa dari bahan talenan yg biasa di gunakan oleh ibu – ibu utk memotong bawang atau sayuran di dapur, atau juga bisa dari bahan keramik, kalau kami di Banda Aceh hanya menggunakan kawat tembaga yg di gunakan utk las karbit yg berdimeter 2 mili meter yang di pasang di mulut lnbf, bahkan tampa sekat utk lnbf tertentu bisa menerima signal dari Satelit Yamal 202 ini. Tapi kalau anda berada di luar area beam atau di luar jangkauan Satelit Yamal 202 sebaik nya anda gunakan talenan yg di potong sekitar 13 cm x lebar lnbf dengan ketebalan sekitar +-1 cm sebaik nya menggunakan talenan dengan merek lionstar atau anda harus trial and error utk sekat nya,  di masukan di antara 2 jarum antena yg ada di dalam lnbf. Untuk referensi panjang sekat menurut daerah asal anda klik disini.
Setelah sekat selesai kita potong  (sebaik nya menggunakan beberapa sekat dengan ukuran panjang yang berbeda supaya memudah kan kita utk mengganti dan melihat sekat yg mana yg paling kuat SQ nya).
Posisi pemasangan lnb sekat pada parabola :
Berikut saya upload gambar posisi pemasangan lnb sekat untuk Satelit Yamal 202.
ini gambar cara pemasangan posisi lnb pada parabola untuk satelit yamal 202dengan bahan sekat talenan, polaritas L=V utk 0 derajat lnb bisa di balik utk mendapatkan signal yg paling tinggi.
ini cara pasang posisi lnbf dengan sekat tembaga untuk satelit yamal 202,polaritas L=H khusus nya untuk Banda Aceh. Tdk di sarankan utk anda yang berada di luar area beam atau jangkauan satelit yamal 202. utk 0 derajat lnb bisa di balik utk mendapatkan signal yg paling tinggi.
Cara Pointing Parabola Untuk Satelit Yamal 202 :
Setelah parabola terpasang di tiang, sekarang kita mulai pointing mulai dariSatelit Palapa D hingga Panamsat 7/10 dengan kekuatan signal paling maksimum hanya dengan menggunakan lnbf c band biasa, setelah semua satelit di dapat dengan posisi parabola sudah (harus) sejajar dengan semua satelit (Palapa D s/d Pas 7/10) maka coba pasang sekat pada lnbf tadi dan terus kita coba ke satelit yamal (pastikan di sebelah barat parabola tdk terhalang sama pohon atau bangunan yg lebih tinggi dari parabola), coba usahakan di parabola nya di turun kan ke arah barat dari panamsat 7/10 pelan – pelan, coba lihat di layar tv, kalau ada signal power yg naik itu tanda nya sudah ada signal satelit, coba scan di receiver, coba putar letak lnbf atau coba ganti sekat nya sampai di dapat SQ yg agak besar atau sampai gambar nya bagus.
Untuk Freq Satelit Yamal 202  bisa di lihat DISINI.
gambar arah parabola utk satelit yamal 202 (arah barat) dengan lnb offset lokasi Banda Aceh, jadi makin jauh lokasi anda dari Banda Aceh arah parabola anda makin turun (lebih turun dari gambar di atas ke arah barat nya). foto ini di ambil dari arah utara.
ren tv
satelit yamal 202
tv zvezda+0
logo Ren tv Rusia
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aridhoprahasti Education Blog