Bird

salju

cursor

header

http://aridhoprahasti.blogspot.com/

Slde

lintas me

Minggu, 02 Februari 2014

MEMBUAT WARNET DENGAN MODAL MINIM 8jt - 10jt



Usaha warnet sekarang sedang booming. Dimana-mana didirikan warnet. Jika kita ingin ikut mencari rejeki dengan membuka warnet, tulisan berikut mungkin bisa membantu.
Sebenarnya berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka warnet?
Besarnya modal (uang) sangat tergantung pada warnet model apa yang akan kita buat. Jika kita ingin membuat warnet yang wah tentu butuh modal banyak. Mungkin puluhan hingga ratusan juta rupiah. Namun jika kita ingin membuat warnet yang biasa saja modalnya bisa kita tekan seminimal mungkin.
Anggap saja kita punya uang sepuluh juta rupiah. Kira-kira dengan uang sepuluh juta rupiah, warnet seperti apa yang bisa kita buat. Oke, langsung saja kita ikuti paparan d bawah ini.. hehe
#mirip pembawa acara.
warnet-lesehan
1. Membeli komputer server
Meski modal kita cekak namun kita harus tetap membeli komputer server yang bagus. Sebab kalau komputer servernya jelek nanti akses internet di warnet kita akan lambat. Kalau internet kita lambat, pelanggan pasti kabur dan tidak mau kembali lagi ke warnet kita. Kalau pelanggan kabur, bangkrut dech usaha kita.
Oke, komputer server macam apa yang bisa kita beli. Belilah CPU dual core yang baru, bajetnya kira-kira 1,5 juta rupiah. Ini belum termasuk monitornya lho. Kalau ingin lebih cepat, tambahi saja memorinya.
Sampai disini modal yang sudah kita keluarkan sebesar 1,5 juta rupiah
Berarti masih sisa 8,5 juta rupiah
2. Membeli komputer client
Setelah dikurangi 1,5 juta rupiah untuk beli komputer server berarti uang kita tinggal 8,5 juta rupiah. Jadi harus lebih hemat nich. Kalau begitu, beli saja CPU second alias bekas. Di Kudus CPU bekas yang pentium 4 harganya sekitar 400 ribu rupiah, bisa lebih bisa kurang, tergantung kita mau nambah apa dan apa. Anggap saja harganya pas 400 ribu rupiah. Kita beli saja lima unit. Berarti totalnya 400 ribu x 5 unit = 2 juta rupiah.
Oh ya, pastikan bahwa CPU yang kita beli sudah ada LAN cardnya. Untuk install programnya biasanya sudah di instalkan. Jadi kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk instal program.
Sampai disini modal yang sudah kita keluarkan sebesar 3,5 juta rupiah
Berarti masih sisa 6,5 juta rupiah
3. Membeli keyboard, mouse dan kabel power
Nomor 1 dan 2 di atas baru CPU nya saja bro. Keyboard, mouse dan kebelnya belum kita beli. Harga mouse 15 ribu. Harga keyboard 25 ribu. Harga kabel power 5 ribu. Total untuk 1 unit komputer butuh 45 ribu. Karena kita punya 6 unit komputer berarti kita butuh 45 ribu x 6 unit = 270 ribu rupiah.
Sampai disini modal yang sudah kita keluarkan sebesar 3 juta 770 ribu rupiah
Berarti masih sisa 6 juta 230 ribu rupiah
4. Membeli monitor
Sampai di sini uang kita tinggal 6.230.000 rupiah. wah harus makin hemat nich. Padahal kita belum beli monitor. Kalau begitu kita beli monitor CRT yang second saja. Sebab harganya lebih murah. Kalau beli monitor LCD uang kita pasti langsung habis sebelum dapat membeli barang-barang yang lain.
Harga monitor CRT (monitor yang gemuk) ukuran 15 second kurang lebih 200 ribu rupiah. Kalau kita butuh 6 unit berarti 200 ribu x 6 unit = 1.200.000
Sampai disini modal yang sudah kita keluarkan sebesar 4.970.000 rupiah
Berarti masih sisa 5.030.000 rupiah
5. Memasang telepon dan speedy
Karena pada umumnya warnet-warnet di sekitar kita memakai speedy maka kita asumsikan saja pakai speedy juga. Karena memasang speedy butuh telepon rumah berarti kita harus pasang telepon rumah juga.
Menurut beberapa teman yang pernah memasang telepon rumah dan speedy sekaligus, biaya yang dibutuhkan adalah 350 ribu rupiah. Namun baiknya anggaran kita naikan menjadi 500 ribu rupiah, sebagai cadangan untuk beli es cendol pas wira-wiri ke telkom. Hehe
Sampai disini modal yang sudah kita keluarkan sebesar 5.470.000 rupiah
Berarti masih sisa 4.530.000 rupiah
6. Membeli hub
Apa itu hub? Hub adalah alat untuk membagi akses internet. Ada juga yang menyebutnya switch. Harganya sekitar 300 ribuan. Cara memasangnya juga mudah. Tinggal colok-colok saja, ndak peru nginstal apa-apa.
Sampai disini modal yang sudah kita keluarkan sebesar 5.770.000 rupiah
Berarti masih sisa 4.520.000 rupiah
7. Membeli karpet
Karena modal kita cekak, kita buat warnet yang lesehan saja jadi tidak perlu mengeluarkan biaya untuk beli kursi. Yang kita butuhkan adalah biaya untuk beli karpet. Harga karpet plastik per meter kurang lebih 20 ribu. Jadi kalau ruangan yang kita gunakan berukuran 5 x 10 meter luasnya adalah 50 meter persegi. Jadi total biaya yang kita keluarkan adalah 20 ribu x 50 meter = 1.000.000
Sampai disini modal yang sudah kita keluarkan sebesar 6.770.000 rupiah
Berarti masih sisa 3.520.000 rupiah
8. Membeli meja
Meja yang kita beli meja pendek saja, kan mau buat warnet lesehan. Harga meja komputer berkaki pendek sekitar 100 ribu rupiah. Karena kita butuh 6 unit berarti biaya yang kita keluarkan adalah 600 ribu rupiah.
Sampai disini modal yang sudah kita keluarkan sebesar 7.370.000 rupiah
Berarti masih sisa 2.630.000 rupiah
9. Membeli kabel listrik dan colokan
Meski sepele barang-barang ini juga perlu di beli. Jadi perlu dihitung juga. Karena kita punya 6 unit PC dengan jarak antar PC kira-kra 1,5 meter berarti kita butuh kabel sepanjang 9 meter. Misal kita beli yang harga per meternya 5 ribu rupiah berarti kita mengeluarkan uang 45 ribu rupiah.
Untuk colokan listriknya kira-kira sepasang harganya 15 ribu rupiah. Jadi 6 unit x 15 ribut = 60 ribu rupiah. Al hasil biaya untuk kabel listrik dan colokan adalah 105 ribu rupiah.
Sampai disini modal yang sudah kita keluarkan sebesar 7.475.000 rupiah
Berarti masih sisa 2.525.000 rupiah
10. Membeli kabel UTP & konektor RJ 45
Untuk menghitung berapa meter kabel UTP / kabel jaringan yang kita butuhkan sebaiknya kamu pasang dulu komputer pada meja-meja di ruangan yang kamu gunakan untuk membuat warnet. Pastikan juga tempat hubnya. Setelah itu barulah kita bisa menghitung kebutuhan kabel UTP kita.
Cara menghitungnya, ukur jarak antara hub dengan komputer pertama menggunakan tali rafia. Jangan ukur secara lurus, namun ukur sesuai dengan jalur kabel yang akan di pasang termasuk lengkungan-lengkungannya. Nanti akan ketemu kebutuhan kabel UTP untuk komputer pertama, misalnya 2 meter.
Setelah itu ukur lagi jarak antara hub dengan komputer yang kedua. Gunakan tali rafia juga. Ingat, jangan di ukur lurus, tapi ukur mengikuti alur pemasangan kabel (di tembok) sehingga bisa diperoleh ukuran yang real. Pada komputer kedua kira-kira dibutuhkan kabel UTP sepanjang 5 meter.
Begitu seterusnya sehingga kita mendapatkan jumlah keseluruhan kabel UTP yang kita butuhkan. Setelah itu datanglah ke toko komputer. Belilah kabel sesuai dengan ukuran-ukuran yang kita buat menggunakan tali rafia tadi. Jangan lupa minta pasangkan juga konektor RJ 45 nya. Kalau tidak di pasangkan nanti kamu bingug sendiri. Butuh keahlian khusus dan juga alat khusus untuk memasangnya.
Kira-kira untuk pembelian kabel UTP dan konektor RJ 45 menghabiskan dana sekitar 200 ribu rupiah.
Sampai disini modal yang sudah kita keluarkan sebesar 7.675.000 rupiah
Berarti masih sisa 2.325.000 rupiah
11. Membuat banner
Anggap saja kita sudah bisa mengoperasikan corel draw, jadi tidak ada biaya desain. Yang kita butuhkan adalah biaya cetak. Di kudus biaya cetak banner umumnya adalah 16 ribu rupiah permeter. Kalau kita membuat banner dengan ukuran panjang 3 meter dan lebar 1 meter berarti biaya yang kita keluarkan adalah 48 ribu rupiah.
Sampai disini modal yang sudah kita keluarkan sebesar 7.723.000 rupiah
Berarti masih sisa 2.277.000 rupiah
12. Membayar Teknisi komputer
Kita asumsikan dalam pemasangan warnet, kita mengalami kesulitan dan perlu mengundang seorang teknisi komputer untuk membantu kita. Dalam hal ini kita bisa menganggarkan sekitar 100 ribu hingga 500 ribu rupiah. Tergantung berapa kali kita memanggilnya.
Sampai disini modal yang sudah kita keluarkan sebesar 8.223.000 rupiah
Berarti masih sisa 1.777.000 rupiah
Kayaknya semua hal sudah kita beli dan kita bayar, uang kita masih tersisa 2 juta rupiah lebih sedikit. Enaknya dibuat beli apa ya?. Kalau saran saya, belikan saja memori tambahan untuk tiap-tiap PC agar performanya bisa maksimal. Sehingga warnet kita bisa wus-wus dan pelanggan senang. Atau beli juga PC tambahan agar unit komputer kita bertambah banyak. Tidak hanya 6 unit tapi bisa 8 atau 10 unit. Tergantung kemauanmu. Beli kipas angin juga boleh.
Itulah pemaparan langkah-langkah membuat dengan modal cekak dan pas-pasan. Estimasi harga di atas adalah harga di Kudus bulan Juni 2012. Apabila ada perhitungan yang salah, mohon dimaafkan. Oh ya, asumsi pembuatan warnet di atas adalah kita membuatnya di rumah kita sendiri sehingga tidak perlu biaya sewa tempat dan juga pemasangan listrik.
Salam..
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aridhoprahasti Education Blog