Bird

salju

cursor

header

http://aridhoprahasti.blogspot.com/

Slde

lintas me

Minggu, 02 Februari 2014

Tips mudah Ambil Jurusan Untuk Kuliah

Tips Ambil Jurusan Untuk Kuliah

Mengambil jurusan untuk kuliah memang membingungkan bagi sebagian besar orang terutama kalangan pelajar SMU yang akan lulus dan berkeinginan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk menentukan jurusan atau program studi yang akan diambil saat kuliah nanti untuk menghindari terbuangnya waktu, biaya dan tenaga seandainya salah mengambil jurusan. Kamu tentunya tidak ingin salah ambil jurusan untuk kuliah bukan?


Baiklah, berikut ini sejumlah tips yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum menentukan jurusan untuk kuliah kamu nanti.


1. Sesuaikan Jurusan yang Ingin Diambil dengan Minat & Bakat. Pelajari bakat kamu sesungguhnya. Setiap individu pasti memiliki bakat, kelebihan atau kesukaan terhadap sesuatu. Jika kamu tidak suka menghitung janganlah mengambil jurusan matematika atau teknik sipil. Silakan pilih jurusan yang bisa mengantarkan kamu meraih cita-cita.


2. Jangan Ikut-ikutan Teman. Karena kamu memiliki teman-teman akrab dan tidak ingin berpisah dengan mereka jadinya kamu kompak mengambil jurusan kuliah yang sama. Tidak masalah kamu barengan dengan teman untuk kuliah tapi tanyakan diri sendiri apakah kamu memiliki minat dan bakat yang sama dengan teman-temanmu yang lain.


3. Pertimbangkan Kemampuan Orang Tua Membiayai Kuliah. Yang tidak kalah pentingnya adalah biaya. Bicarakan dengan orang tua mengenai hal ini karena akan sangat menentukan lokasi perguruan tinggi yang akan kamu tuju, pengeluaran studi, biaya hidup dll. Akan lebih baik jika kamu kuliah sambil bekerja untuk meringankan biaya studi kamu.


4. Usahakan Bisa Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Untuk bisa masuk PTN memang susah karena kamu harus menjalani sejumlah tes seleksi. Kuliah di PTN tentunya membuat biaya akan lebih murah dibandingkanPerguruan Tinggi Swasta (PTS). Namun hal ini tidak mutlak karena ada juga sejumlah PTN favorit yang memberlakukan biaya kuliah bahkan lebih tinggi dari PTS.


5. Pelajari PTN atau PTS yang Akan Kamu Tuju. Perhatikan latar belakang kampus yang menjadi target kamu mengenai kelengkapan sarana dan prasarana penunjang studi, kredibilitas dosen pengajar, reputasi kampus dan khusus untuk PTS perhatikan status program studi yang kamu minati apakah sudah terakreditasi atau belum. Status terakreditasi menunjukkan mutu PTS dalam menyelenggarakan program studi.


6. Peluang Karir di Masa Mendatang. Gali informasi sebanyak mungkin mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan jurusan kuliah kamu nanti terutama peluang karir ke depannya seperti apa. Kamu bisa bertanya kepada orang tua, saudara, teman senior atau browsing di internet.


7. Kuliah Pilih Sarjana atau Diploma? Baik Sarjana maupun Diploma memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jurusan Diploma akan menghasilkan pelajar yang siap sepenuhnya terjun di dunia kerja namun tanpa gelar sementara kuliah Sarjana akan menghasilkan pelajar yang memiliki gelar namun belum tentu siap kerja. Sekarang terserah kamu untuk menentukan tentunya dengan pertimbangan yang matang.

Semoga pertimbangan di atas bisa membantu kamu dalam menentukan arah pendidikan kamu ke depannya. Yang pasti apapun jurusan yang kamu pilih hendaknya ditekuni dengan benar.






Re: Tips Ambil Jurusan Untuk Kuliah

Untuk jurusan ini gampang2 sulit.
Pilihlah yang memiliki prospek dan memudahkan anda cari kerja lagi di saat umur anda sudah setengah umur (35 tahun keatas).

Untuk jurusan yang sangat umum seperti manajemen, ekonomi, ilmu sosial, sastra inggris, ilmu komputer, akuntansi itu memang pertamanya sangat mudah mendapatkan pekerjaan.

Tetapi jika ada masalah dengan pekerjaan atau karir anda saat anda kelak berumur 30an (PHK atau kantor tutup), maka akan sangat amat sulit mencari pekerjaan baru. Kalah saing dengan yang muda dan bisa dibayar murah.

Jika anda ingin aman di posisi saat berumur, pilihlah jurusan yang "langka". Ciri ciri jurusan yang langka itu adalah :
1. mengutamakan skill
2. pelajarannya termasuk kategori sulit dan membutuhkan pekerjaan otak.
3. Ilmunya termasuk "abadi". Jadi ilmu tahun 1800an (atau kurang) masih bisa diterapkan sampai sekarang. Beda kan sama ilmu komputer dimana ilmunya bisa usang hanya dalam waktu kurang dari 5 tahun . Saya lihat pelajaran komputer anak SMP sekarang, itu setara dengan ilmu anak kuliahan ilmu komputer tahun 90an awal....

Misalnya :
1. Ilmu penerbangan
2. Sastra Indonesia, daerah dan asing selain Inggris
3. Matematika dan IPA (MIPA, isinya jurusan matematika, kimia, fisika dan biologi)
4. Kedokteran
5. Metalurgi
6. Perminyakan
7. Tehnik Mesin Industri / Alat Berat
8. Tehnik Listrik Arus Kuat

Jika anda memilih ini, maka kehidupan anda dijamin akan tenang, bahkan hingga pensiun pun anda masih bisa bekerja. Karena ilmunya memang dicari orang banyak.

Untuk ilmu yang tidak langka seperti Ekonomi, Akuntansi, Automotif, Manajemen, tidak perlu khawatir. Yang perlu anda lakukan adalah selalu mengupgrade ilmu dan pendidikan anda ke jenjang yang lebih tinggi, sehingga daya tawar anda kelak akan tetap bagus.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aridhoprahasti Education Blog