Rahasia Manipulasi 3 - Shading
dan Pencahayaan
by: Andrei Oprinca
Bayangan
adalah aspek yang sangat penting dari setiap manipulasi foto. Sama seperti yang
terjadi dengan efek pencahayaan, jika bayangan yang digunakan dengan cara yang
benar, Anda dapat berakhir dengan gambar yang menakjubkan. Dalam tutorial ini
saya akan menunjukkan beberapa teknik yang saya gunakan untuk membuat bayangan
yang realistis dan lampu dengan Photoshop.
Langkah
pertama akan hanya teori untuk membantu Anda memahami bagaimana lampu dan
bayangan bekerja dan pada langkah-langkah berikut saya akan menunjukkan kepada
Anda bagaimana untuk benar-benar menciptakan bayangan.
Sumber Artikel:
1) Sumber cahaya dan sudut
bayangan.
Bahkan
sebelum memulai untuk melakukan sesuatu pada gambar, Anda harus memutuskan
apakah Anda perlu bayangan atau tidak. Untuk memandu diri Anda harus terlebih
dahulu mengidentifikasi sumber cahaya utama.
Anda dapat
melihat bahwa sumber cahaya pada gambar asli di sisi kiri atas. Pada gambar
dimanipulasi, langit dan awan juga menyala di sisi kiri atas. Anda harus selalu
menghormati arah cahaya. Anda harus membangun elemen gambar yang akan berfungsi
sebagai panduan Anda untuk membuat lampu dan bayangan.
Di bawah ini
Anda memiliki kasus serupa. Tapi kali ini sumber cahaya datang dari sisi kanan
dan lagi artis yang digunakan sebagai panduan highlights dari model tubuh
menyoroti ketika ia / dia membuat manipulasi.
Kadang-kadang
tidak ada titik acuan untuk membantu Anda mengidentifikasi mana sumber cahaya
utama tapi bayangan yang ada pada gambar dapat membantu Anda. Di sini Anda
memiliki sebuah contoh.
Gambar asli
tidak memiliki tanda jalan, saya menambahkan dengan photoshop. Dengan asumsi
saya tidak punya titik referensi untuk membantu saya memutuskan di mana sumber
cahaya utama adalah (dalam hal ini matahari), saya membuat bayangan tanda jalan
menggunakan bayang-bayang laki-laki dan gadis itu sebagai panduan. Aku
membuatnya menggunakan cukup banyak sudut yang sama dan opacity yang sama. Jika
bayangan asli yang Anda gunakan sebagai panduan yang kabur, Anda harus
mendaftar Gaussian Blur untuk bayangan Anda untuk membuat mereka terlihat
sedekat mungkin dengan bayangan asli yang ada.
Itulah teori
dasar. Untuk jangka pendek, Anda harus mengidentifikasi sumber cahaya untuk
mengetahui cara membuat bayangan. Pada langkah berikutnya saya akan menunjukkan
cara untuk membuat bayangan yang sebenarnya dari awal. Aku akan menunjukkan
teknik pribadi saya tetapi Anda dapat menyesuaikannya dengan gaya Anda sendiri.
Ada berbagai jenis bayangan dan untuk membuat segalanya lebih mudah bagi saya
untuk menjelaskan dan bagi Anda untuk mengerti, saya akan memberi mereka nama
yang berbeda.
A) shadow Kontak
Saya akan
menyebutnya semacam ini bayangan "kontak bayangan" karena saya tidak
tahu nama asli itu. Ini adalah jenis yang sangat penting dari bayangan karena
sebenarnya memberitahu Anda bahwa objek tersebut duduk di tanah atau
benar-benar dekat dengan permukaan. Pada gambar di bawah ini Anda memiliki
contoh dari bayangan nyata di mana Anda dapat dengan jelas melihat jenis
bayangan.
Replikasi
semacam ini bayangan di photoshop tidak sulit tetapi membutuhkan beberapa
latihan. Sebagai contoh saya mengambil gambar yang digunakan pada tutorial lain
yang saya buat. Aku dikurangi model dari latar belakang aslinya aku taruh di
atas yang baru untuk mulai bekerja pada manipulasi. Seperti yang anda lihat itu
terlihat agak kusam, jelas bahwa bayangan yang hilang dan sepertinya model itu
mengambang di udara.
Cara saya
membuat bayangan yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini adalah ini:
saya mengambil kuas ukuran medium (tergantung pada ukuran manipulasi Anda) saya
mengatur Kekerasan sikat untuk sekitar 30% dan opacity brush menjadi sekitar
25%. Kemudian, saya mulai menyikat tepi objek yang ada di kontak dengan tanah.
Saya sikat tepi dari dalam ke luar, sehingga untuk berbicara. Lihat gambar di
bawah untuk lebih jelasnya.
Ini adalah
sebelum dan sesudah disebut kontak bayangan seperti yang saya menamakannya,
saya tidak tahu nama teknis itu.
B) Bayangan Lembut
Jenis
bayangan yang mungkin lebih penting daripada bayangan kontak karena ini lebih
terlihat dan jika Anda melakukannya dengan benar, mungkin Anda bahkan tidak
perlu "kontak bayangan" yang dijelaskan di atas.
Di sini Anda
memiliki sedikit lebih banyak kebebasan karena Anda tidak harus sangat tepat.
Hanya mengambil sikat lembut, mengatur kekuatan untuk 20-45% dan sikat di
sekitar objek yang Anda bekerja dengan. Perlu diingat bahwa saat Anda bergerak
menjauh dari objek, bayangan harus kurang buram karena memudar.
Lihatlah
gambar di bawah ini. Aku melukis bayangan menggunakan sikat lembut yang besar
dengan opacity rendah (20% atau sesuatu seperti itu). Seperti yang Anda lihat,
Anda tidak dapat membedakan bentuk gadis di bayangan karena terlalu kabur tapi
pasti menambah realisme ke TKP. Juga perhatikan bagaimana bayangan kurang
intens karena Anda menjauh dari tubuh. Ini semua dilakukan dengan mouse, bukan
tablet.
C) Cast Bayangan
Jika Anda
ingin membuat bayangan lebih realistis di Photoshop, daripada Anda harus
menggunakan teknik lain. Seperti hampir selalu di Photoshop, ada beberapa cara
untuk mencapai hasil yang sama. Secara singkat, teknik ini terdiri dalam
menggunakan bentuk objek Anda untuk menciptakan bayangan.
Metode 1
Salah satu
cara untuk melakukannya adalah untuk menduplikasi layer dan kemudian mengurangi
ringan ke 0. Kemudian, Anda memindahkan layer hasil duplikasi di bawah yang
asli dan nama ke bayangan jika Anda ingin.
Saya sudah
membuat video demo singkat tentang bagaimana untuk membuat semacam ini
bayangan. Anda dapat menonton tutorial di sini. Setelah itu, Anda menggunakan
alat mendistorsi untuk mengatur bayangan yang Anda inginkan. Anda dapat
menerapkan Gaussian Blur jika Anda ingin bayangan buram dan juga menyesuaikan
opacity layer.
Lalu aku
menerapkan beberapa Gaussian Blur, mengurangi opacity dan menggunakan Layer
Mask dan Gradient tool untuk membuat bayangan memudar. Lalu, dengan alat
Distort (Ctrl + T atau dari Edit> Transform> Distort) I miring
sedikit.
Metode 2
Cara kedua
untuk mencapai hasil yang sama seperti pada gambar di atas adalah dengan
menggunakan lapisan gaya. Saya pikir itu lebih mudah dan lebih cepat. Saya akan
menampilkan TIP REALLY COOOL yang tidak banyak orang tahu.
Hanya
membuka jendela lapisan gaya (dalam contoh saya lapisan TOWER) dan menambahkan
Drop Shadow. Pengaturan yang paling penting di sini adalah Size Shadow. Dengan
Ukuran, Anda mengontrol jumlah blur yang Anda inginkan pada bayangan Anda.
Meningkatkan
Opacity menjadi 100% karena Anda dapat menurunkan itu nanti jika Anda ingin
menggunakan slider Opacity pada palet layer. Saya menggunakan nilai Jarak
tinggi dalam contoh ini sehingga aku bisa melihat seluruh bayangan lebih baik
tapi Jarak tidak penting.
Sekarang
sampai pada bagian yang dingin. Anda dapat mengubah ini efek bayangan drop-down
ke dalam layer. Klik kanan atas Drop Shadow efek lapisan pada Layers Palette
dan pilih Create Layer.
Itu akan
membuat layer baru dengan Blend Mode yang sama dan pengaturan Opacity. Anda
dapat melakukan ini dengan efek apapun. Setelah itu, flip lapisan, mengurangi
opacity dari yang dibutuhkan. Lakukan hal yang sama seperti yang dijelaskan di
atas untuk memiringkan itu.
Saya pikir
itu cukup banyak yang bisa saya katakan tentang bayangan. Mari kita pergi
dengan pencahayaan sekarang. Saya hanya akan menunjukkan beberapa teknik yang
saya gunakan untuk membuat lampu yang realistis.
D) lampu Casting
Saya ingin
menunjukkan kepada Anda bagaimana saya menciptakan efek cahaya yang ditampilkan
pada gambar di bawah. Ini dari manipulasi yang saya kerjakan. Saya akan menulis
tutorial lengkap tentang hal itu.
Membuat
semacam ini efek cahaya di Photoshop tidak sulit tetapi Anda harus berpikir
sedikit jika Anda ingin melemparkan cahaya realistis. Mode Blend sangat penting
di sini. Jangan takut membuat setiap efek cahaya pada lapisan itu sendiri dan
menggunakan paduan modus yang berbeda untuk masing-masing.
Hal pertama
yang saya buat adalah sumber cahaya. Aku mengambil sikat lembut yang cukup
besar dengan warna kuning dan aku melukis dot besar. Lalu aku pergi melalui
semua Mode Blend tersedia untuk melihat mana yang terbaik.
Perlu
diingat bahwa mode campuran bekerja dengan nilai luminositas. Jika lampu tidak
terlihat seperti yang Anda inginkan dengan salah satu campuran mode yang
tersedia, cobalah menggunakan lebih gelap, warna kurang jenuh. Dalam contoh ini
saya menggunakan kuning gelap untuk membuat cahaya lampu.
Selanjutnya
saya membuat cahaya akhir menggunakan filter Lens Flare dari menu Filter>
Render> Lens Flare. Saya membuat pilihan persegi, mengisinya dengan hitam
pada layer baru dan saya menambahkan flare yang berpusat pada kotak hitam.
Kemudian saya berubah warna menjadi kuning dengan penyesuaian Hue / Saturation
dan saya mengubah modus campuran layer ke Screen untuk menyembunyikan area
hitam dari alun-alun.
Ketika
sumber cahaya dibuat, Anda harus meniru cahaya yang datang dari itu pada
benda-benda lain seperti tanah atau dinding. Cara yang paling umum untuk
melakukan itu adalah dengan tangan menggunakan sikat lembut dan dalam hal ini
warna kuning.
Saya
menemukan bahwa Color Dodge, Vivid Light atau Linear Dodge (Add) adalah mode
campuran terbaik untuk efek cahaya tapi seperti saya katakan, itu tergantung
pada warna dan tingkat luminositas pada latar belakang Anda. Realisme cahaya
tergantung di mana Anda menempatkannya.
Seperti yang
Anda lihat pada gambar di atas, menambahkan cahaya di tanah memberikan
manipulasi ini bahkan lebih realisme. Itu dibuat dengan menggunakan sikat
lembut yang besar, warna kuning dan modus campuran Color Dodge, daripada saya
menggunakan Alat Distort (Ctrl + T) dan aku meremasnya horizontal. Meski
begitu, dengan menambahkan cahaya lain di dinding di sebelah kiri dapat membuat
ini lebih realistis. Jadi, seperti yang saya katakan di atas, ini tentang di
mana Anda menempatkan cahaya.
Untuk
membuat cahaya di dinding saya hanya digandakan lampu tanah dan membalik.
E) Lampu Permukaan
Cara lain
untuk membuat jenis cahaya yang berbeda benar-benar menggunakan lapisan gaya.
Teknik ini dapat digunakan ketika Anda memiliki cahaya yang datang dari satu
sisi objek atau dari belakang.
Teknik ini
terdiri dari penambahan beberapa Inner Shadow dan menggunakan Blend Mode yang
bekerja dengan baik. Menggunakan modus campuran yang sama tidak selalu bekerja,
Anda harus mencoba. Tujuannya adalah untuk menciptakan cahaya pada tepi objek.
Warna cahaya
tergantung pada jika Anda bekerja pada siang hari atau manipulasi night scene.
Jika Anda menggunakan Dodge atau campuran mode Vivid Light, Anda harus
menggunakan warna gelap karena campuran mode ini akan membuat mereka terlihat
cerah. Ini adalah proses trial and error sampai Anda menemukan warna dengan nilai
pencahayaan yang tepat yang bekerja ok dengan modus campuran tertentu. Juga,
efeknya tidak selalu harus sangat kuat. Bahkan efek lembut akan mengubah
tampilan objek.
Saya membuat
setup cepat untuk menggambarkan apa yang baru saja saya jelaskan. Ini hanya
setup kasar tapi itu baik-baik saja. Lihatlah gambar di bawah ini. Saya
menerapkan Shadow batin dengan pengaturan yang ditunjukkan pada gambar di atas.
Di sini Anda
memiliki contoh lain pada manipulasi oleh VinternnV dari deviantART.
Teknik ini
memiliki kelemahan itu. Bila menggunakan pengaturan bayangan batin, Anda akan
sering menciptakan efek cahaya ini pada daerah-daerah yang tidak Anda inginkan.
Saya
biasanya meningkatkan pengaturan Jarak dan Mengubah sudut untuk mencocokkan
arah sumber cahaya tetapi bahkan kemudian Anda dapat memiliki hasil yang tidak
diinginkan. Peningkatan pengaturan Size, Anda akan mendapatkan efek halus tapi
tapi biasanya hanya "garis cahaya" tipis diperlukan untuk tampilan
yang baik. Lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya. Aku membuat efeknya
benar-benar ekstrim sehingga Anda dapat melihat lebih baik.
Seperti yang
Anda lihat pada gambar di atas ada beberapa efek yang tidak diinginkan akibat
menerapkan Inner Shadow untuk membuat cahaya. Dalam contoh khusus ini tidak
terlihat buruk tapi mari kita bayangkan Anda tidak ingin memiliki efek cahaya
pada area yang saya lingkari pada gambar di atas.
Bagaimana
Anda menyingkirkan bahwa tanpa mempengaruhi daerah yang ok? Anda tidak dapat
menggunakan alat penghapus karena ini adalah gaya lapisan. Aku punya waktu yang
sangat sulit dengan ini, tetapi saya akhirnya menemukan jalan di sekitarnya.
Solusinya
adalah untuk mengkonversi gaya (bayangan batin dalam kasus ini) ke dalam
lapisan sendiri, sama seperti saya menjelaskan ketika saya berbicara tentang
bayangan. Saya yakin tidak banyak orang menggunakan fitur yang di Photoshop
tapi itu benar-benar berguna misalnya ketika Anda ingin menggunakan efek yang
sudah Anda gunakan. Sebagai contoh jika Anda ingin menggunakan dua efek drop
shadow yang berbeda.
Jadi,
memperpanjang lapisan efek, klik kanan pada efek yang Anda inginkan dan pilih
Create Layer. Melakukan yang secara otomatis akan membuat clipping mask layer
baru dengan opacity dan berbaur pengaturan mode yang Anda set pada layer style.
Setelah itu, Anda dapat membuat layer mask dan menutupi area yang tidak Anda
inginkan.
F) cahaya global
Jenis
terakhir dari efek cahaya adalah terang dunia yang saya buat menggunakan filter
Pencahayaan Efek. Saya menerapkan filter ini pada hampir semua manipulasi saya
sebagai langkah terakhir. Ini adalah efek yang akan membuat 99% dari manipulasi
Anda terlihat lebih baik. Ini adalah filter yang merusak, dengan kata lain,
setelah Anda menerapkannya perubahan gambar Anda secara permanen dan tidak
dapat dibatalkan. Anda dapat menemukan Lighting Filter pada menu Filter>
Render> Lighting Effects.
Tapi ada
cara untuk menerapkan filter ini non-destruktif, jika Anda mengubah lapisan ke
Smart Object. Anda dapat mengkonversi layer normal menjadi objek pintar dari
palet layer. Klik kanan layer dan pilih "Convert to Smart Object". Di
bawah ini Anda dapat melihat beberapa contoh efek cahaya global. Hover mouse di
atas gambar untuk melihat sebelum dan sesudah.
Contoh 1
Contoh 2
Itu semua
tentang bayangan dan pencahayaan. Saya harap Anda belajar sesuatu. Ini semua
tentang berlatih teknik-teknik dan bereksperimen sendiri.
Wahhh cara yg terbaik dari yg terbaik 😊🌹
BalasHapus