Bird

salju

cursor

header

http://aridhoprahasti.blogspot.com/
Blog Advertising

Slde

lintas me

Kamis, 19 Desember 2013

Rahasia Manipulasi 3 - Shading dan Pencahayaan

Rahasia Manipulasi 3 - Shading dan Pencahayaan
by: Andrei Oprinca  

 Manipulation Secrets 3 – Shading and Lighting

 
Bayangan adalah aspek yang sangat penting dari setiap manipulasi foto. Sama seperti yang terjadi dengan efek pencahayaan, jika bayangan yang digunakan dengan cara yang benar, Anda dapat berakhir dengan gambar yang menakjubkan. Dalam tutorial ini saya akan menunjukkan beberapa teknik yang saya gunakan untuk membuat bayangan yang realistis dan lampu dengan Photoshop.

Langkah pertama akan hanya teori untuk membantu Anda memahami bagaimana lampu dan bayangan bekerja dan pada langkah-langkah berikut saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk benar-benar menciptakan bayangan.


Sumber Artikel:

1) Sumber cahaya dan sudut bayangan.


Bahkan sebelum memulai untuk melakukan sesuatu pada gambar, Anda harus memutuskan apakah Anda perlu bayangan atau tidak. Untuk memandu diri Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi sumber cahaya utama.

Anda dapat melihat bahwa sumber cahaya pada gambar asli di sisi kiri atas. Pada gambar dimanipulasi, langit dan awan juga menyala di sisi kiri atas. Anda harus selalu menghormati arah cahaya. Anda harus membangun elemen gambar yang akan berfungsi sebagai panduan Anda untuk membuat lampu dan bayangan.


Di bawah ini Anda memiliki kasus serupa. Tapi kali ini sumber cahaya datang dari sisi kanan dan lagi artis yang digunakan sebagai panduan highlights dari model tubuh menyoroti ketika ia / dia membuat manipulasi.

Kadang-kadang tidak ada titik acuan untuk membantu Anda mengidentifikasi mana sumber cahaya utama tapi bayangan yang ada pada gambar dapat membantu Anda. Di sini Anda memiliki sebuah contoh.


Gambar asli tidak memiliki tanda jalan, saya menambahkan dengan photoshop. Dengan asumsi saya tidak punya titik referensi untuk membantu saya memutuskan di mana sumber cahaya utama adalah (dalam hal ini matahari), saya membuat bayangan tanda jalan menggunakan bayang-bayang laki-laki dan gadis itu sebagai panduan. Aku membuatnya menggunakan cukup banyak sudut yang sama dan opacity yang sama. Jika bayangan asli yang Anda gunakan sebagai panduan yang kabur, Anda harus mendaftar Gaussian Blur untuk bayangan Anda untuk membuat mereka terlihat sedekat mungkin dengan bayangan asli yang ada.


Itulah teori dasar. Untuk jangka pendek, Anda harus mengidentifikasi sumber cahaya untuk mengetahui cara membuat bayangan. Pada langkah berikutnya saya akan menunjukkan cara untuk membuat bayangan yang sebenarnya dari awal. Aku akan menunjukkan teknik pribadi saya tetapi Anda dapat menyesuaikannya dengan gaya Anda sendiri. Ada berbagai jenis bayangan dan untuk membuat segalanya lebih mudah bagi saya untuk menjelaskan dan bagi Anda untuk mengerti, saya akan memberi mereka nama yang berbeda.

A) shadow Kontak
Saya akan menyebutnya semacam ini bayangan "kontak bayangan" karena saya tidak tahu nama asli itu. Ini adalah jenis yang sangat penting dari bayangan karena sebenarnya memberitahu Anda bahwa objek tersebut duduk di tanah atau benar-benar dekat dengan permukaan. Pada gambar di bawah ini Anda memiliki contoh dari bayangan nyata di mana Anda dapat dengan jelas melihat jenis bayangan.


Replikasi semacam ini bayangan di photoshop tidak sulit tetapi membutuhkan beberapa latihan. Sebagai contoh saya mengambil gambar yang digunakan pada tutorial lain yang saya buat. Aku dikurangi model dari latar belakang aslinya aku taruh di atas yang baru untuk mulai bekerja pada manipulasi. Seperti yang anda lihat itu terlihat agak kusam, jelas bahwa bayangan yang hilang dan sepertinya model itu mengambang di udara.


Cara saya membuat bayangan yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini adalah ini: saya mengambil kuas ukuran medium (tergantung pada ukuran manipulasi Anda) saya mengatur Kekerasan sikat untuk sekitar 30% dan opacity brush menjadi sekitar 25%. Kemudian, saya mulai menyikat tepi objek yang ada di kontak dengan tanah. Saya sikat tepi dari dalam ke luar, sehingga untuk berbicara. Lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya.


Ini adalah sebelum dan sesudah disebut kontak bayangan seperti yang saya menamakannya, saya tidak tahu nama teknis itu.


B) Bayangan Lembut
Jenis bayangan yang mungkin lebih penting daripada bayangan kontak karena ini lebih terlihat dan jika Anda melakukannya dengan benar, mungkin Anda bahkan tidak perlu "kontak bayangan" yang dijelaskan di atas.

Di sini Anda memiliki sedikit lebih banyak kebebasan karena Anda tidak harus sangat tepat. Hanya mengambil sikat lembut, mengatur kekuatan untuk 20-45% dan sikat di sekitar objek yang Anda bekerja dengan. Perlu diingat bahwa saat Anda bergerak menjauh dari objek, bayangan harus kurang buram karena memudar.

Lihatlah gambar di bawah ini. Aku melukis bayangan menggunakan sikat lembut yang besar dengan opacity rendah (20% atau sesuatu seperti itu). Seperti yang Anda lihat, Anda tidak dapat membedakan bentuk gadis di bayangan karena terlalu kabur tapi pasti menambah realisme ke TKP. Juga perhatikan bagaimana bayangan kurang intens karena Anda menjauh dari tubuh. Ini semua dilakukan dengan mouse, bukan tablet.


C) Cast Bayangan 
Jika Anda ingin membuat bayangan lebih realistis di Photoshop, daripada Anda harus menggunakan teknik lain. Seperti hampir selalu di Photoshop, ada beberapa cara untuk mencapai hasil yang sama. Secara singkat, teknik ini terdiri dalam menggunakan bentuk objek Anda untuk menciptakan bayangan.

Metode 1
Salah satu cara untuk melakukannya adalah untuk menduplikasi layer dan kemudian mengurangi ringan ke 0. Kemudian, Anda memindahkan layer hasil duplikasi di bawah yang asli dan nama ke bayangan jika Anda ingin.

Saya sudah membuat video demo singkat tentang bagaimana untuk membuat semacam ini bayangan. Anda dapat menonton tutorial di sini. Setelah itu, Anda menggunakan alat mendistorsi untuk mengatur bayangan yang Anda inginkan. Anda dapat menerapkan Gaussian Blur jika Anda ingin bayangan buram dan juga menyesuaikan opacity layer.


Lalu aku menerapkan beberapa Gaussian Blur, mengurangi opacity dan menggunakan Layer Mask dan Gradient tool untuk membuat bayangan memudar. Lalu, dengan alat Distort (Ctrl + T atau dari Edit> Transform> Distort) I miring sedikit.


Metode 2
Cara kedua untuk mencapai hasil yang sama seperti pada gambar di atas adalah dengan menggunakan lapisan gaya. Saya pikir itu lebih mudah dan lebih cepat. Saya akan menampilkan TIP REALLY COOOL yang tidak banyak orang tahu.

Hanya membuka jendela lapisan gaya (dalam contoh saya lapisan TOWER) dan menambahkan Drop Shadow. Pengaturan yang paling penting di sini adalah Size Shadow. Dengan Ukuran, Anda mengontrol jumlah blur yang Anda inginkan pada bayangan Anda.

Meningkatkan Opacity menjadi 100% karena Anda dapat menurunkan itu nanti jika Anda ingin menggunakan slider Opacity pada palet layer. Saya menggunakan nilai Jarak tinggi dalam contoh ini sehingga aku bisa melihat seluruh bayangan lebih baik tapi Jarak tidak penting.


Sekarang sampai pada bagian yang dingin. Anda dapat mengubah ini efek bayangan drop-down ke dalam layer. Klik kanan atas Drop Shadow efek lapisan pada Layers Palette dan pilih Create Layer.

Itu akan membuat layer baru dengan Blend Mode yang sama dan pengaturan Opacity. Anda dapat melakukan ini dengan efek apapun. Setelah itu, flip lapisan, mengurangi opacity dari yang dibutuhkan. Lakukan hal yang sama seperti yang dijelaskan di atas untuk memiringkan itu.


Saya pikir itu cukup banyak yang bisa saya katakan tentang bayangan. Mari kita pergi dengan pencahayaan sekarang. Saya hanya akan menunjukkan beberapa teknik yang saya gunakan untuk membuat lampu yang realistis.

D) lampu Casting
Saya ingin menunjukkan kepada Anda bagaimana saya menciptakan efek cahaya yang ditampilkan pada gambar di bawah. Ini dari manipulasi yang saya kerjakan. Saya akan menulis tutorial lengkap tentang hal itu.


Membuat semacam ini efek cahaya di Photoshop tidak sulit tetapi Anda harus berpikir sedikit jika Anda ingin melemparkan cahaya realistis. Mode Blend sangat penting di sini. Jangan takut membuat setiap efek cahaya pada lapisan itu sendiri dan menggunakan paduan modus yang berbeda untuk masing-masing.

Hal pertama yang saya buat adalah sumber cahaya. Aku mengambil sikat lembut yang cukup besar dengan warna kuning dan aku melukis dot besar. Lalu aku pergi melalui semua Mode Blend tersedia untuk melihat mana yang terbaik.

Perlu diingat bahwa mode campuran bekerja dengan nilai luminositas. Jika lampu tidak terlihat seperti yang Anda inginkan dengan salah satu campuran mode yang tersedia, cobalah menggunakan lebih gelap, warna kurang jenuh. Dalam contoh ini saya menggunakan kuning gelap untuk membuat cahaya lampu.


Selanjutnya saya membuat cahaya akhir menggunakan filter Lens Flare dari menu Filter> Render> Lens Flare. Saya membuat pilihan persegi, mengisinya dengan hitam pada layer baru dan saya menambahkan flare yang berpusat pada kotak hitam. Kemudian saya berubah warna menjadi kuning dengan penyesuaian Hue / Saturation dan saya mengubah modus campuran layer ke Screen untuk menyembunyikan area hitam dari alun-alun.


Ketika sumber cahaya dibuat, Anda harus meniru cahaya yang datang dari itu pada benda-benda lain seperti tanah atau dinding. Cara yang paling umum untuk melakukan itu adalah dengan tangan menggunakan sikat lembut dan dalam hal ini warna kuning.

Saya menemukan bahwa Color Dodge, Vivid Light atau Linear Dodge (Add) adalah mode campuran terbaik untuk efek cahaya tapi seperti saya katakan, itu tergantung pada warna dan tingkat luminositas pada latar belakang Anda. Realisme cahaya tergantung di mana Anda menempatkannya.


Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, menambahkan cahaya di tanah memberikan manipulasi ini bahkan lebih realisme. Itu dibuat dengan menggunakan sikat lembut yang besar, warna kuning dan modus campuran Color Dodge, daripada saya menggunakan Alat Distort (Ctrl + T) dan aku meremasnya horizontal. Meski begitu, dengan menambahkan cahaya lain di dinding di sebelah kiri dapat membuat ini lebih realistis. Jadi, seperti yang saya katakan di atas, ini tentang di mana Anda menempatkan cahaya.

Untuk membuat cahaya di dinding saya hanya digandakan lampu tanah dan membalik.


E) Lampu Permukaan
Cara lain untuk membuat jenis cahaya yang berbeda benar-benar menggunakan lapisan gaya. Teknik ini dapat digunakan ketika Anda memiliki cahaya yang datang dari satu sisi objek atau dari belakang.

Teknik ini terdiri dari penambahan beberapa Inner Shadow dan menggunakan Blend Mode yang bekerja dengan baik. Menggunakan modus campuran yang sama tidak selalu bekerja, Anda harus mencoba. Tujuannya adalah untuk menciptakan cahaya pada tepi objek.


Warna cahaya tergantung pada jika Anda bekerja pada siang hari atau manipulasi night scene. Jika Anda menggunakan Dodge atau campuran mode Vivid Light, Anda harus menggunakan warna gelap karena campuran mode ini akan membuat mereka terlihat cerah. Ini adalah proses trial and error sampai Anda menemukan warna dengan nilai pencahayaan yang tepat yang bekerja ok dengan modus campuran tertentu. Juga, efeknya tidak selalu harus sangat kuat. Bahkan efek lembut akan mengubah tampilan objek.

Saya membuat setup cepat untuk menggambarkan apa yang baru saja saya jelaskan. Ini hanya setup kasar tapi itu baik-baik saja. Lihatlah gambar di bawah ini. Saya menerapkan Shadow batin dengan pengaturan yang ditunjukkan pada gambar di atas.


Di sini Anda memiliki contoh lain pada manipulasi oleh VinternnV dari deviantART.


Teknik ini memiliki kelemahan itu. Bila menggunakan pengaturan bayangan batin, Anda akan sering menciptakan efek cahaya ini pada daerah-daerah yang tidak Anda inginkan.

Saya biasanya meningkatkan pengaturan Jarak dan Mengubah sudut untuk mencocokkan arah sumber cahaya tetapi bahkan kemudian Anda dapat memiliki hasil yang tidak diinginkan. Peningkatan pengaturan Size, Anda akan mendapatkan efek halus tapi tapi biasanya hanya "garis cahaya" tipis diperlukan untuk tampilan yang baik. Lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya. Aku membuat efeknya benar-benar ekstrim sehingga Anda dapat melihat lebih baik.


Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas ada beberapa efek yang tidak diinginkan akibat menerapkan Inner Shadow untuk membuat cahaya. Dalam contoh khusus ini tidak terlihat buruk tapi mari kita bayangkan Anda tidak ingin memiliki efek cahaya pada area yang saya lingkari pada gambar di atas.
Bagaimana Anda menyingkirkan bahwa tanpa mempengaruhi daerah yang ok? Anda tidak dapat menggunakan alat penghapus karena ini adalah gaya lapisan. Aku punya waktu yang sangat sulit dengan ini, tetapi saya akhirnya menemukan jalan di sekitarnya.

Solusinya adalah untuk mengkonversi gaya (bayangan batin dalam kasus ini) ke dalam lapisan sendiri, sama seperti saya menjelaskan ketika saya berbicara tentang bayangan. Saya yakin tidak banyak orang menggunakan fitur yang di Photoshop tapi itu benar-benar berguna misalnya ketika Anda ingin menggunakan efek yang sudah Anda gunakan. Sebagai contoh jika Anda ingin menggunakan dua efek drop shadow yang berbeda.

Jadi, memperpanjang lapisan efek, klik kanan pada efek yang Anda inginkan dan pilih Create Layer. Melakukan yang secara otomatis akan membuat clipping mask layer baru dengan opacity dan berbaur pengaturan mode yang Anda set pada layer style. Setelah itu, Anda dapat membuat layer mask dan menutupi area yang tidak Anda inginkan.


F) cahaya global
Jenis terakhir dari efek cahaya adalah terang dunia yang saya buat menggunakan filter Pencahayaan Efek. Saya menerapkan filter ini pada hampir semua manipulasi saya sebagai langkah terakhir. Ini adalah efek yang akan membuat 99% dari manipulasi Anda terlihat lebih baik. Ini adalah filter yang merusak, dengan kata lain, setelah Anda menerapkannya perubahan gambar Anda secara permanen dan tidak dapat dibatalkan. Anda dapat menemukan Lighting Filter pada menu Filter> Render> Lighting Effects.


Tapi ada cara untuk menerapkan filter ini non-destruktif, jika Anda mengubah lapisan ke Smart Object. Anda dapat mengkonversi layer normal menjadi objek pintar dari palet layer. Klik kanan layer dan pilih "Convert to Smart Object". Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa contoh efek cahaya global. Hover mouse di atas gambar untuk melihat sebelum dan sesudah.

Contoh 1


Contoh 2



Itu semua tentang bayangan dan pencahayaan. Saya harap Anda belajar sesuatu. Ini semua tentang berlatih teknik-teknik dan bereksperimen sendiri.

1 komentar:

Aridhoprahasti Education Blog