Bird

salju

cursor

header

http://aridhoprahasti.blogspot.com/
Blog Advertising

Slde

lintas me

Senin, 06 Januari 2014

Cara MEMBANGUN HUBUNGAN dengan PELANGGAN

MEMBANGUN HUBUNGAN dengan PELANGGAN
Hari ini kelompok 3 yang mendapat tugas presentasi. Diliat dari dari judulnya, sekilas dapat digambarkan sebagai cara atau strategi pemasaran dan bertransaksi dengan pelanggan.
Pertama yang kita bahas adalah evolusi pemasaran di Amerika Serikat yang melibatkan 4 era, yaitu era produksi (1900 an),  era penjulan (1920-1950), era konsep pemasaran (1950_1980 an), era hubungan pelanggan (1990 an).

Dimana pada era konseppemasaran terdapat filosofi bisnis yang terdiri dari :
·         orientasi pelanggan
·         orientasi layanan / jasa
·         orientasi keuntungan / laba
Pada era hubungan pelanggan terdapat konsep yang digunakan yaitu manajemen hubungan pelanggan (customer relationship management) yang berarti proses mempelajari tentang pelanggan dan melakukan segala hal untuk memuaskan mereka.
Konsep pemasaran tidak hanya digunakan dalan organisasi untuk laba saja namun juga nirlaba. Beriktu akan saya bahas STRATEGI PEMASARAN ORANISASI NIRLABA
1.    papan produktif pengawas (direksi) : organisasi yang mempunyai nama dan tujuan untuk sosial, lingkungan, kesehatan dll. contoh : PMI, greenpeace
2.    memfokuskan pemasaran
3.    misi dan strategi yang teratur
4.    praktek perencanaan strategis
5.    berhati-hati dalam target pasar
6.    mengembangkan relawan dalam jangka panjang
7.    hemat dan pandai mengelola keuangan
BAURAN PEMASARAN
Apa sih yang ada di benak kita kalau mendengar kata bauran pemasaran? Bauran pemasaran menurut saya seperti apa sih yang kita lakuakn untuk mencapai tujuan pemsaran. Bauran pemasaran meliputi 4 P yaituProduct, Price, Place, and Promotion.
PROSES PEMASARAN
nah, setelah kita tahu bauran pemasaran sekarang kita bahas prosesnya. Dalam proses pemasaran terdapa hal-hal yang diperhatikan, sebagai berikut :
1.    menemukan peluang
2.    penelitian
3.    mengidentifikasi sasaran
4.    desain produk
5.    pengujian
6.    menentukan nama, desain, dan harga
7.    sistem distribusi
8.    program promosi
9.    membangun hubungan dengan pelanggan
PROSES PENELITIAN PASAR
Terdapat 4 langkah penelitian pasar yaitu :
1.    mendefinisikan pertanyaan
2.    mengumpulkan data
3.    menganalisis data penelitian
4.    memilih solusi terbaik dan mengimplementasikannya
Dalam dunia pemsaran terdapat dua pasar yang berbeda, iatu Pasar konsumen dan Pasar bisnis ke bisnis(B2B).
PASAR KONSUMEN :individu atau rumah tangga  yang menginginkan barang dan jasa untuk konsumsi pribadi.
PASAR BISNIS KE BISNIS (B2B) : individu atau organisasi yan menginginkan barang dan jasa yang digunakan untuk mmproduksi barang dan jasa.
SEGMENTASI PASAR : pembagian pasar menjadi unit yang lebih kecil menurut kategori masing-masing. Segmentasi pasar terbagi menjadi 5 , yaitu :
1.    geografis
2.    demografis
3.    psikografis
4.    manfaat
5.    volume
Sekian materi mengenai pemasaran ini dapat saya bagi kepada rekan-rekan. Semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan.




Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aridhoprahasti Education Blog