MEMBANGUN HUBUNGAN dengan PELANGGAN
Hari ini
kelompok 3 yang mendapat tugas presentasi. Diliat dari dari judulnya, sekilas
dapat digambarkan sebagai cara atau strategi pemasaran dan bertransaksi dengan
pelanggan.
Pertama yang kita bahas adalah evolusi pemasaran di
Amerika Serikat yang melibatkan 4 era, yaitu era produksi (1900 an), era penjulan (1920-1950), era konsep
pemasaran (1950_1980 an), era hubungan pelanggan (1990 an).
Dimana pada era konseppemasaran terdapat filosofi bisnis yang terdiri dari :
·
orientasi pelanggan
·
orientasi layanan / jasa
·
orientasi keuntungan / laba
Pada era hubungan pelanggan terdapat konsep yang digunakan
yaitu manajemen hubungan
pelanggan (customer relationship management) yang berarti proses mempelajari tentang pelanggan dan melakukan segala hal
untuk memuaskan mereka.
Konsep
pemasaran tidak hanya digunakan dalan organisasi untuk laba saja namun juga nirlaba.
Beriktu akan saya bahas STRATEGI
PEMASARAN ORANISASI NIRLABA
1. papan produktif pengawas (direksi) : organisasi yang mempunyai nama dan
tujuan untuk sosial, lingkungan, kesehatan dll. contoh : PMI, greenpeace
2. memfokuskan pemasaran
3. misi dan strategi yang teratur
4. praktek perencanaan strategis
5. berhati-hati dalam target pasar
6. mengembangkan relawan dalam jangka panjang
7. hemat dan pandai mengelola keuangan
BAURAN
PEMASARAN
Apa sih yang
ada di benak kita kalau mendengar kata bauran pemasaran? Bauran pemasaran
menurut saya seperti apa sih yang kita lakuakn untuk mencapai tujuan pemsaran.
Bauran pemasaran meliputi 4 P yaituProduct, Price, Place, and Promotion.
PROSES
PEMASARAN
nah, setelah
kita tahu bauran pemasaran sekarang kita bahas prosesnya. Dalam proses
pemasaran terdapa hal-hal yang diperhatikan, sebagai berikut :
1. menemukan peluang
2. penelitian
3. mengidentifikasi sasaran
4. desain produk
5. pengujian
6. menentukan nama, desain, dan harga
7. sistem distribusi
8. program promosi
9. membangun hubungan dengan pelanggan
PROSES
PENELITIAN PASAR
Terdapat 4
langkah penelitian pasar yaitu :
1. mendefinisikan pertanyaan
2. mengumpulkan data
3. menganalisis data penelitian
4. memilih solusi terbaik dan mengimplementasikannya
Dalam dunia pemsaran terdapat dua pasar yang berbeda,
iatu Pasar konsumen dan Pasar
bisnis ke bisnis(B2B).
PASAR KONSUMEN
:individu atau rumah tangga yang menginginkan barang dan jasa untuk
konsumsi pribadi.
PASAR BISNIS KE
BISNIS (B2B) : individu atau organisasi yan menginginkan
barang dan jasa yang digunakan untuk mmproduksi barang dan jasa.
SEGMENTASI
PASAR : pembagian pasar menjadi unit yang lebih kecil menurut
kategori masing-masing. Segmentasi pasar terbagi menjadi 5 , yaitu :
1. geografis
2. demografis
3. psikografis
4. manfaat
5. volume
Sekian materi mengenai pemasaran ini dapat saya
bagi kepada rekan-rekan. Semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada kekurangan
dan kesalahan.