“Mengelola Kinerja Dan Mutu”
Selanjutnya
pada hari Selasa, 4 Desember 2012 juga jam 10.00 pagi, kelompok 6 lebih tepatnya
kelompok saya sendiri mempresentasikan Chapter 13 materi tentang “Mengelola
Kinerja dan Mutu”. Dan biar kalian gak penasaran ulasan apa yang saya akan
tulis, mari kita lihat .
Pada dasarnya
seorang manajer harus selalu melakukan kontrol terhadap kinerja para
karyawannya guna mengantisipasi adanya cyberslacker.
Kontrol
organisasi adalah proses sistematis yang digunakan manajer untuk mengatur
aktivitas organisasi agar tetap konsisten dengan pengharapan yang telah dibuat
dengan rencana, target dan standar kinerja
Memilih standar
dan ukuran yaitu organisasi fokus pada pengukuran dan pengawasan kinerja
keuangan seperti penjualan, pendapatan dan keuntungan.
Kartu skor
berimbang berisi 4 perspektif utama yaitu kinerja keuangan, layanan pelanggan,
proses bisnis internal dan kapasitas organisasi untuk belajar dan tumbuh.
1. Model
Kontrol Umpan Balik
·
Langkah-langkah kontrol umpan balik
o Membangun
standar kinerja
o Mengukur
kinerja yang ada
o Membandingkan
kinerja dengan standar
o Lakukan
tindakan koreksi\
2. Aplikasi
Untuk Anggaran
Anggaran
merupakaan laporan yang berisi laporan pengeluaran terkini dan terencana.
·
Jenis-jenis anggaran
· Anggaran
biaya
· Anggaran
pendapatan
· Anggaran
kas
· Anggaran
modal
3. Kontrol
Keuangan
Seorang manajer
harus mengawasi kinerja keuangan yang ditunjukkan dalam organisasi.
· Laporan
keuangan
Berisikan
informasi yang digunakan untuk mengontrol keuangan dari sebuah organisasi
· Neraca
keuangan yaitu menunjukkan posisi keuangan sebuah perusahaan yang berhubungan
dengan aktiva dan kewajiban dalam waktu tertentu.
· Laporan
laba/rugi yaitu meringkas kinerja keuangan untuk interval, biasanya peeriode
satu tahun.
4. Analisis
Keuangan Menafsirkan Angka
Seorang manajer
harus mampu mengevaluasi sebuah laporan keuangan yang membandingkan kinerja
perusahaan dengan data terdahulu atau norma-norma industri. Hal ini berfokus
pada rasio, statistik yang menunjukkan hubungan.
·
Rasio sendiri
dinyatakan sebagai fraksi atau proporsi
1. Macam
Rasio
· Rasio
likuiditas adalah perbandingan keuangan yang menunjukkan kemampuan organisasi
untuk memenuhi kewajiban utangnya.
· Rasio
aktivitas adalah rasio keuangan yang menukur kinerja internal organisasi yang
berhubungan dengan aktivitas penting yang ditentukan oleh manajemen.
· Rasio
keuntungan adalah rasio keuangan yang menggambarkan keuntungan milk perusahaan
yang berkenaan dengan sumber daya keuntungan (misalnya penjualan atau jumlah
aset).
· Rasio
laverage adalah aktivitas pendanaan dengan uang pinjaman.
2. Filosofi
Kontrol Yang Berubah-Ubah
Pendekatan yang
dilakukan manajer untuk mnjalankan kontrol terus menerus berubah dalam banyak
organisasi, banyak perusahaan yang mengadopsi proses kontrol desentralisasi
daripada hierarki.
· Pendekatan
hierarki versus pendekatan desentralisasi
· Kontrol
hierarki merupakan penggunaan aturan, kebijakan hierarki wewenang dan alat
formal lainnya untuk memengaruhi perilaku pegawai dan menilai kinerja
· Kontrol
desentralisasi merupakan penggunaan budaya perusahaan, norma kelompok dan fokus
terhadap tujuan daripada aturan dan prosedur, untuk mencapai tujuan-tujuan
organisasi.
3. Manajemen
buka-buku
Berbagai
informasi keuangan dan hasil-hasilnya dengan semua pegawai di organisasi.
Tujuan dari manajemen buka buku adalah untuk membuat setiap pegawai berpikir
dan bertindak seperti seorang pemillik bisnis.
4. Manajemen
kualitas total (TQM)
Komitmen
seluruh anggota perusahaan untuk menanamkan kualitas ke dalam setiap aktivitas
dengan cara melakukan perbaikan terus-menerus.
·
Teknik-teknik
TQM
Penerapan
manajemen kualitas total terdiri atas penggunaan beragam teknik diantaranya
1) siklus
kualitas
2) tolak ukur
3) prinsip six
sigma
4) siklus waktu
yang berkurang
5) perbaikan
terus-menerus
·
Tren Dalam
Kendali Mutu
Berikut Ini
Merupakan Tren Besar Dalam Kendali Mutu
1) Standar
Kualitas Internasional
2) Sistem
Kontrol Keuangan Baru
3) Pertambahan
Nilai Ekonomi (Eva)
4) Pertambahan
Nilai Pasar (Mva)
5) Pembiayaan
Berbasis Aktivitas (Abc)
6) Tata Kelola
Perusahaan