“Perumusan dan
Pelaksanaan Strategi”
Halo
teman-teman saya kembali lagi . Tepat pada tanggal 20 November 2012
pukul 09.00 WIB kelompok 3 kembali berpresentasi. Mereka mempresentasikan
materi chapter 7 tentang “Perumusan dan Pelaksanaan Strategi”. Dibawah ini saya
akan mengulas materi tersebut yang menurut saya.
Manajemen Strategis adalah serangkaian
keputusan dan tindakan yang digunakan untuk merumuskan dan melaksanakan
strategi yang memungkinkan kesesuaian sangat kompetitif antara perusahaan dan
lingkungannya sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan.
Strategi adalah rancana
tindakan yang menerangkan tentang alokasi sumber daya serta berbagai aktivitas
untuk menghadapi lingkungan, memperoleh keungggulan bersaing, dan mencapai
tujuan perusahaan.
Keunggulan bersaing adalah hal yang
membedakan suatu perusahaan dari perusahaan lain dan memberi ciri khas bagi
perusahaan untuk memenuhi kebetuhan pasar konsumen.
MemanfaatkanKompetensi
Dasar Kompetensi Dasar
adalah sesuatu yang dilakukan perusahan dengan sangat baik dibanding
pesaingnya. Karena perusahaan memiliki keahlihan yang tidak dimiliki oleh
pesaingnya.
Sinergi adalah kondisi yang
timbul ketika bagian-bagian perusahaan berinteraksi untuk menghasilkan dampak
bersama yang yang lebih besar daripada jumlah semua bagian yang bertindak
sendiri-sendiri.
Memberikan Nilai kepada pelanggan
merupakan inti dari strategi. Nilai dapat sebagai gabungan keuntungan yang
diperoleh dan biaya yang dikeluarkan.
Tiga Tingkatan
Strategi :
- Strategi
Tingkat Perusahaan
- Strategi
Tingkat Usaha
- Strategi
Tingkat Fungsi
Strategi
Tingkat Perusahaan berkaitan dengan perusahaan secara keseluruhan dan gabungan
unit bisnis dan lini produk yang menyusun perusahaan.
Strategi
Tingkat Usaha berkaitan dengan setiap unit bisnis atau lini produk.
Keputusan-keputusan strategis di tingkat ini berhubungan dengan pengiklanan,
arah dan tingkat penelitihan dan pengembangan, perubahan produk, pengembangan
prosuk baru, peralatan dan fasilitas, dan penambahan atau pengurangan lini
prosuk dan layanan.
Strategi
Tingkat Usaha berkaitan dengan tingkat stratgi yang berhubungan dengan
departemen-departemen fungsional utama di unit usaha.
Perumusan Versus
Pelaksanaan Srategi
Perumusan
Strategi adalah tahap manajemen strategis yang melibatkan perencanaan dan
pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan perusahaan, serta membuat rencana
strategis spesifik.
Pelaksanaan
strategi yaitu penggunaan sarana menejerial dan organisasional untuk
mengarahkan berbagai sumber daya agar dapat mencapai tujuan strategis.
Analisis SWOT
adalah analisis terhadap terhadap kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman
yang menentukan kinerja perusahaan.
Kekuatan dan
Kelemahan Internal
Kekuatan
adalah karateristik internal positif yang dapat di manfaatkan oleh perusahaan
untuk mencapai tujuan kinerja strategisnya.
Kelemahan
adalah karateristik internal yang dapat menghambat atau membatasi kinerja
perusahaan.
Kekuatan dan Ancaman
Eksternal
Kekuatan
adalah karateristik lingkungan eksternal yang berpotensi membantu perusahaan
mencapai atau melampaui tujuan strategisnya.
Ancaman
adalah karateristik lingkungan eksternal yang menghambat perusahaan mencapai
tujuan stetegisnya.
Unit Usaha Strategis adalah unit
perusahaan yang memiliki misi usaha unik, lini prosuk, pesaing, dan pasar yang
berhubungan dengan SBU lain di suatu perusahaan.
Strategi portofolio adalah gabungan unit
usaha dan lini produk perusahaan yang berpadu secara logis untuk memberikan
sinergi dan keunggulan bersaing bagi perusahaan.
Matriks BCG
Matriks BCG adalah konsep yang digagas oleh
Boston Consulting Group untuk mengevaluasi dimensi tingkat pertumbuhan usaha
dan pangsa pasar dari unit-unit usaha strategis.
Tingkat
pertumbuhan usaha adalah sejauh mana peningkatan industri secara keseluruhan,
sementara Pangsa Pasar adalah menentukan apakah suatu unit usaha lebih banyak
atau lebih sedikit menguasai pasar dibandingkan dengan pasaingnya.
Strategi
Diversifikasi
Diversifikasi
adalah Strategi beralih ke jenis usaha baru, seperti yang dilakukan GE di
bidang kesehatan, keuangan, dan energi alternatif. Tujuannya untuk memperluas
usaha perusahaan dalam rangka menghasilkan berbagai barang dan jasa yang
berharga.
Diversifikasi
terkait adalah beralih ke lini bisnis baru yang masih terkait dengan
kegiatan usaha perusahaan.
Diversifikasi
terpisah adalah Membuka lini usaha yang benar-benar baru.
Integrasi
vertikal adalah membuka lini usaha baru yang memproduksi pasokan yang diperlukan
untuk prosuk atau mendistribusikan dan menjual produk tersebut.
Lima Kekuatan
Kompetitif Porter :
1. Potensi
pesaing baru
2. Daya
tawar pembeli
3. Daya
tawar pemasok
4. Ancaman
produk penggnti
5. Persaingan
antarkompetitor
Strategi Kompetitif
Ø
Strategi Diferensiasi adalah jenis strategi kompetitif yang digunakan oleh
perusahaan untuk membedakan produk atau jasanya dari produk atau jasa
pesaingnya.
Ø
Kepemimpinan Biaya adalah jenis strategi kompetitif yang di gunakan oleh
perusahaan untuk mendapatkan fasilitas-fasilitas produksi baru secara agresif,
memotong biaya, dan mengendalikan biaya denagn ketet agar lebih efisien dari
pesaingnya.
Ø
Fokus adalah jenis strategi kompetitif yang berkonsentrasi kepada pasar wilayah
atau pembeli kelompok tertentu.
Kemampuan Dinamis berarti bahwa para
manajer berfokus pada melakukan lebih banyak upaya peningkatan dan pengembangan
dengan memanfaatkan aset, kemampuan, dan kompetensi yang sudah dimiliki
perusahaan guna memperoleh keunggulan bersaing yang terjaga.
Tips Penerapan
Strategi secara Efektif :
1. Membangun
komitmen terhadap strategi
2. Menyusun
rencana penerapan yang jelas
3. Memperhatikan
budaya
4. Memenfaatkan
pengetahuan dan keahlian pegawai
5. Komunikasi
Strategi Tradisional adalah strategi yang
menggabungkan koordinasi global untuk mencapai efisiensi dengan fleksibelitas
untuk memenuhi kebutuhan tertentu banyak negara.
Penerapan Strategi
·
Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain agar menunjukkkan
perilaku baru yang diperlukan dalam menerapkan strategi.
·
Rancangan struktural adalah tanggung jawab para manajer, tingkat kewenangan
mereka, serta koordinasi dari berbagai fasilitas, departemen, dan divisi.
·
Sistem informasi dan kendali adalah sistem imbalan, anggaran untuk alokasi
sumber daya, sistem teknologi informasi, serta paraturan, kebijakan, dan
prosedur perusahaan.
·
Sumber daya manusia bertugas untuk merekrut, menyeleksi, melatih, memindahkan,
mempromosikan, dan memecat pegawai dalam upaya mancapai tujuan strategis.